Scroll untuk baca artikel
Kabar

5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan

214
×

5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan

Sebarkan artikel ini

Jaga kualitas tidur

Kini sudah memasuki musim penghujan. Suhu yang dingin serta kelembaban udara yang tinggi tentu saja membuat bibit penyakit akan tumbuh lebih mudah.

Sementara itu bila daya tahan tubuhmu melemah maka penyakit dapat dengan mudah masuk ketubuhmu. Untuk itu kamu dapat melakukan antisipasi dengan melakukan tips berikut ini agar terhindar dari penyait dan dapat beraktifitas dengan semestinya.

1. Atur Pola Makan

Sebagai langkah sederhana yakni dengan mengatur pola makan harianmu. Makanlah sesuai pokok dengan makanan yang bergizi serta seimbang. Perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandug Vit.B, Vit.C, dan Vit.D, dan air putih yang cukup.

2. Menjaga Kualitas Tidur

Baca Juga:   Tips Tetap Sehat dan Produktif Selama Puasa Ramadan ala Ade Rai

Bagi kamu yang sering melakukan banyak aktifitas seharian, jagalah kualitas tidurmu setidaknya 8 Jam sehari. Jangan bergadang terlalu malam yang dapat mengganggu metabolisme dalam tubuh sehingga menurunkan daya tahan tubuh.

3. Menjaga Tubuh Tetap Hangat

Suhu udara yang dingin pada musim hujan dapat menurunkan daya tahan tubuhmu. Jaga suhu tubuhmu agar tetap hangat dengan memakai baju yang tebal, jaket, hingga minum minuman hangat.

4. Rutin Berolahraga

Rutinlah berolahraga setidaknya tigapuluh menit sebelum melakukan aktifitas harianmu. Dengan berolahraga mampu meningkatkan daya imunitas tubuh, menjaga suhu tubuh tetap hangat, serta melancarkan sirkulasi darah dan peregangan otot.

5. Menjaga Kebersihan Liingkungan

Dengan kelembaban udara yang cukup tinggi, apalagi banyaknya genangan air membuat mikroba penyakit tumbuh dengan cepat. Untuk itu jaga selalu kebersihan lingkungan sekitarmu dan perilaku pribadi dengan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, mencuci buah dan sayur, serta lakukan gerakan 3M (mencuci, menutup bak terbuka, menimbun barang bekas) dari genangan air.