Scroll untuk baca artikel
KabarOtokita

3 Dampak Pemakaian Oli Palsu yang Wajib Diketahui

178
×

3 Dampak Pemakaian Oli Palsu yang Wajib Diketahui

Sebarkan artikel ini

Gunakan oli asli

Oli palsu masih saja beredar dengan bebas di Indonesia. Oli umumnya berfungsi sebagai pelumas sekaligus menjaga beberapa komponen agar tetap bekerja optimal serta membuat kerja mesin menjadi lebih enteng.

Namun menggunakan oli palsu atau rekondisi justru menyimpan beragam bahaya pada komponen mesin mobil mu. Berikut beberapa dampak pemakaian oli palsu pada kendaraanmu.

1. Overheat

Hal sederhana dari pemakaian oli palsu yaitu kendaraan akan cepat panas atau overheat. Sejatinya selain sebagai pelumas oli juga memiliki fungsi menjaga suhu mesin dan mencegah terjadinya overheat.

2. Suara Mesin Kasar

Bila oli palsu tidak mampu melumasi komponen mesin secara optimal, tentu saja suara mesin akan berubah menjadi kasar akibat beberapa komponen yang tidak mampu dijangkau pelumasan oleh oli yang sudah berkualitas buruk.

Baca Juga:   Tips Merawat CVT pada Motor Matic

3. Komponen Mesin Cepat Rusak

Dampak buruk yang terbesar dari pemakaian oli palsu pada kendaraan adalah komponen mesin kendaraan akan cepat aus dan rusak. Hal ini terjadi akibat dari kandungan zat yang menjaga dan melindungi mesin tidak terdapat pada oli rekondisi atau oli palsu.