Scroll untuk baca artikel
HeadlineKabarOtokita

Awas! Ini 4 Ciri Oli Palsu Beserta Tips Pilih Oli Asli

368
×

Awas! Ini 4 Ciri Oli Palsu Beserta Tips Pilih Oli Asli

Sebarkan artikel ini

Jangan tergiur harga murah

Oli palsu atau oli bekas yang direkondisi yang beredar dipasar selaalu membuat was-was para pemilik kendaraan.

Oli palsu dengan kemasan yang mirip aslipun masih berdar bebas disejumlah toko atau bengkel yang menjual oli-oli kendaraan. Bahaya oli palu memang tidak bisa disepelekan, namun kamu dapat mencegah oli palsu dengan memperlajari ciri-ciri berikut ini:

1. Segel Tutup Botol Hanya Dilem

cara ketahui oli tersebut asli atau palsu biasanya terlihat dari tutup botol yang terkesan asal-asalan. Banyak pabrikn oli asli kini telah menerapkan beragam segel tutup botol yang perlu alat bantu saat membuka atau penggunaan tutup botol sekali pakai. Perhatikan tutup botol oli yang kamu beli bila adanya kejanggalan bisa saja oli tersebut palsu.

Baca Juga:   Cara Cek Saldo Taspen Secara Online Lewat Website dan Aplikasi

2. Botol dan Hologram Kusam

Oli palsu kini juga menggunakan hologram mirip dengan yang ada pada oli asli. Namun terkadang hologram pada oli palsu tidak memiliki kualitas yang baik sehingga mudah kusam begitu juga pada tampilan botol dan stiker label. Hal yang jelas membedakan adalah warna yang kurang berkualitas serta penempelan label yang asal-asalan.

3. Nomor Produksi Tidak Sesuai atau Tidak Ada

Kini pabrikan oli menggunakan kode atau nomor produksi pada kemasan oli yang dapat dicek perihal keasliannya. Namun sayangnya hal tersebut juga ditiru oli oknum pembuat oli palsu. Tetapi dalam hal tersebut biasanya oli palsu nomer terseut tidak terdaftar bahkan dalam penulisan nomer atau kode yang asal-asalan.

4. Tercium Bau Gosong

Setelah beragam cara mengetahui ciri keaslian oli tersebut namun masih terdapat keraguan. Kamu dapat menggunakan langkah terakhir dengan cara mencium aroma dari oli tersebut. Dalam oli yang asli memiliki bau yang cukup harum dan khas dengan warna yang cukup jernih dan kekentalan yang bagus. Namun dalam oli palsu biasanya akan terdapat aroma bau gosong seperti oli bekas pakai bahkan memiliki warna yang keruh dan kualitas kekentalan yang buruk.

Baca Juga:   Cara Mudah Mengatasi Lupa Sandi Facebook, Manfaatkan Email dan Nomor HP

Bila tak ingin mendapatkan oli palsu, kamu dapat mendapatkan oli yang dijamin asli dengan melakukan beberapa tips berikut.

1. Jangan Tergiur Harga Murah

Oli palsu tentu saja akan dipasarkan dengan harga dibawah harga pasaran oli yang asli. Sebagai konsumen yang cerdas tentunya jangan mudah tergiur dengan harga oli murah.

2. Beli di Toko Terpecaya

Beli lah pada toko atau pusat penjualan oli yang tercpecaya disekitar kota anda. Selain menyediakan oli yang asli toko yang terpecaya biasanya akan memberikan garansi kepadamu jika terdapat indikasi oli yang kamu belli itu palsu.

3. Beli si SPBU

Dibeberapa SPBU seperti Pertamina dan Shell selain menjual bahan bakar kendaraan ditempat tersebut juga menjual beragam oli dengan brand masing-masing yang memiliki jaminan keaslian oli.

Baca Juga:   Spesifikasi Tangkas X7, Punya Desain Bak NMAX

4. Online Official Store

Kamu juga dapat membeli oli yang asli dibeberapa toko official yang tersebar diberagam aplikasi toko online. Pastikan selalu toko tersebut memang toko asli dari merk oli yang akan kamu beli.