Scroll untuk baca artikel
Kabar

Serunya Berwisata Sejarah Candi Jolotundo Mojokerto

205
×

Serunya Berwisata Sejarah Candi Jolotundo Mojokerto

Sebarkan artikel ini

Murah dan mengasyikkan

Sumber: @novy_vero

Mojokerto merupakan saksi bisu tempat dimana kerajaaan pada zaman dahulu berjaya seperti kerajaan Majapahit. Sebagai sebuah kerajaan tentunya benyak meninggalkaan sejarah seperti sebuah candi.

Sejarah

Sedikit sejarah tentang Candi Jolotundo yang ada di Mojokerto Jawa Timur yang dulunya dibuat oleh Raja Udayana sebagai bentuk cinta kasih menyambut kelahiran anak seorng pengeran tampan bernama Prabu Airlangga yang lahir pada tahun 991M. Hasil dari pernikahan dengan Putri Guna Dharma.

Terdapat mata air dalam area komplek pertitaan Candi Jolotundo dimana sumber air tersebut tidak pernah kering meski pada saat musim kemarau. Tersebar mitos dikalangan masyarakat dimana barang siapa yang mandi pada kolam tersebut, maka memiliki wajah tampan dan cantik layaknya punggawa istana kerajaan Majapahit.

Baca Juga:   Jalan-jalan ke Museum H.O.S Tjokroaminoto, Wisata Sejarah Surabaya

Lokasi dan Tiket Masuk

Dapat ditempuh kurang lebih 45 manit dari pusat kota Mojokerto objek wisata populer di Kabupaten Mojokerto Jawa Timur tersebut terletak di Kecamatan Trawas Desa Seloliman Kabupaten Mojokerto.

Berada dilereng pegununggan Penanggungan dengan suasana alam yang hijau dan sejuk akan menemani sepanjang perjallanan menuju ketitik lokasi candi. Menghabiskan waktu libur bersama keluarga di candi ini tidak akan membuat kantong dompet kamu kering, sebab dengan harga tiket yang terjangkau sebesar Rp. 10.000 saja perorang kamu dapat menikmati keindahan alam, berfoto ria serta mengenal sejarah melalui peninggalan candi kerajaan.

Spot Wisata Candi Jolotundo

Kamu takkan merasa bosan saat berkunjung dan belibur di Candi Jolotundi ini. Banyak sekal spot foto yang sangat instagrameble, pemandangan yang memanjakan mata, udara yang sejuk serta terdapat sebuah kolam pemandian dimana pengunjung dapat bermain basah-basah pada petirtaan Airlangga.

Baca Juga:   Menulis Sejarah Lokal dengan Model Jurnalistik

Bila mana saat beruntung kamu juga dapat berkesempatan melihat beberapa upacara budaya dari warga sekitar dan juga terdapat area untuk tempat persemedian.

Fasilitas

Jangan kawatir tentang fasilitas, walau jauh dari pusat kota namun tempat wisata ini telah tertata dengan beberapa fasilitas yang dapat dinikmati setiap pengunjung candi seperti:

. Area parkir
. Pusat Infomasi
. Tempat istirahat
. Gazebo
. Toilet
. Warung dan Kedai
. Mushola
. dan Camping area

Berlibur dengan keluarga tentu akan lebih berkesan dan sekaligus menambah ilmu wawasan.