Scroll untuk baca artikel
KabarOtokita

4 Kelebihan Penggunaan Angin Nitrogen pada Ban

216
×

4 Kelebihan Penggunaan Angin Nitrogen pada Ban

Sebarkan artikel ini

Lebih nyaman

Para pemilik kendaraan pasti tidak asing tentang nitrogen untuk penggunaan pada ban, apalagi kini jasa pengisian angin nitrogen banyak tersebar disetiap SPBU. Namun sebagian dari kita masih menyimpan beberapa pertanyaan tentang apa manfaat bila ban kendaraan diisi dengan nitrogen? berikut penjelasannya.

1. Suhu Ban Terjaga

saat kendaraan berjalan maka suhu ban akan menjadi sangat panas, terlebih bila kita membawa kendaraan dengan kecepatan cukup tinggi. Namun dengan menggunakan angin nitrogen suhu dalam ban akan lebih terjaga sehingga membuat ban lebih awet dan menjaga kelenturan ban akibat tingkat oksidasi yang rendah dibanding dengan angin oksigen.

2. Tidak Mudah Kempis

Baca Juga:   Cara Mengaktifkan Pesan Terhapus Otomatis di Whatsapp dengan Mudah

Ban pada kendaraan umumnya akan mengalami pengurangan tekanan dalam kurun waktu tertentu. Namun dengan menggunakan angin nitrogen ban akan lebih lama kempis yang diakibatkan dari molekul pada nitrogen lebih besar dibandingkan dengan molekul angin oksigen.

3 Anti Karat

Dengan menggunakan angin nitrogen, velg dan ban akan lebih terhindar dari karat. Hal ini disebabkan karena komposisi angin nitrogen adalah 95 persen nitrogen dan 5 persen oksigen sedangkan angin oksigen hanya mengandung 78 persen nitrogen dan 21 persen oksigen dan air sehingga kandungan air pada angin oksigen mampu membuat velg menjad berkarat.

4. Bahan Bakar Lebih Efisien

Penggunaan angin nitrogen mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar, hal ini terjadi akibat dari angin nitrogen lebih optimal menempel pada permukaan ban yang mempu menghemat konsumsi BBM hingga 3,3 persen.