Scroll untuk baca artikel
Kabar

6 Penyebab Smartphone Lemot

235
×

6 Penyebab Smartphone Lemot

Sebarkan artikel ini

Kinerja menurun

Banyak yang mengalami dan merasakan jika performa Smartphone menurun. Hal ini terjadi karena beberapa peyebab. Dalam artikel kali ini akan menjelaskan faktor yang menyebabkan Smartphone lemot.

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia Smartphone, maka pasti akan merasakan penurunan performa. Hal tersebut membuat produktivitas kamu terganggu. Ada beberapa penyebab terjadinya lemot pada Smartphone. Berikut diantaranya.

1. Koneksi buruk

Jika lemot saat berselancar di mesin pencari atau notifikasi sosial media menghubungan, maka dapat diprediksi jika hal tersebut dikarenakan koneksi internet buruk. Apalagi saat menggunakan jaringan WiFi publik atau gratis, karena menggunakan jaringan WiFi gratis akan bersaing dengan Smartphone lain.

Baca Juga:   3 Dampak Buruk Filter Udara Kendaraan Kotor

2. Cache dan RAM penuh

Semakin sering Smartphone digunakan, maka kinerja RAM akan menurun karena sering digunakan. Cache atau sampah akan memenuhi penyimpanan. Meski sampah-sampah tersebut terbilang kecil, namun jika terlalu banyak dan lama akan tumbuh menjadi besar dan akan menghabiskan banyak ruang penyimpanan.

3. Usia baterai

Usia baterai juga bisa memengaruhi kinerja Smartphone. Usia baterai yang lebih tua akan membuat sistem prediksi menjadi lambat dan mempengaruhi kinerja kecepatan pemrosesan.

4. Banyak aplikasi

Dengan mengunduh dan menyimpan banyak aplikasi akan menghabiskan ruang penyimanan. Dengan terkikisnya ruang penyimpanan, Smartphone akan menjadi berat dan lambat.

5. Sistem operasi jadul

Sistem operasi akan memberikan update berkala untuk memperbarui privasi dan keamanan serta meningkatkan kinerja Smartphone. Jadi jika belum melakukan pembaruan sistem operasi, maka segera lakukan.

Baca Juga:   Awas! 13 aplikasi berbahaya terbaru 2022, jangan diinstall

6. Ruang penyimpanan menipis

Dengan lamanya menggunakan Smartphone, maka data yang didalam Smartphone akan menumpuk. Jika data telah menumpuk dan mencuri ruang penyimpanan dengan banyak maka CPU atau unit pemrosesan komputer akan berat. Jika ada data yang dirasa tidak terlalu penting, sebaiknya dihapus.