Scroll untuk baca artikel
KabarTeknologi

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Ada Beberapa Penyebab

174
×

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Ada Beberapa Penyebab

Sebarkan artikel ini

Mudah dan simpel

Jika keyboard laptop tidak dapat digunakan, hal tersebut bisa mempengaruhi produktivitas dan efisiensi kerja karena kamu. Hal ini dikarenakan kamu tidak dapat mengetik atau memasukkan data ke dalam komputer.

Kerusakan keyboard juga dapat menimbulkan kesulitan dalam berkomunikasi dan menyelesaikan tugas yang membutuhkan input dari keyboard.

Keyboard sendiri merupakan salah satu perangkat yang sangat penting dan sering digunakan pada laptop. Keyboard dapat memungkinkan pengguna untuk memasukkan teks, perintah, dan data ke laptop.

Namun dalam beberapa kasus pengguna mengalami masalah pada keyboard yang tidak bisa digunakan. Jika kamu juga merasakan hal yang sama pasti merasa kesal karena akan menghambat pekerjaan dan tugas apalagi jika dikejar deadline.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Laptop Hang dengan Mudah dan Praktis

Ada beberapa cara untuk mengatasi keyboard laptop yang tidak dapat digunakan. Namun sebelumnya kamu harus mengetahui apa saja yang menyebabkan keyboard laptop tidak berfungsi.

Penyebab keyboard laptop tidak berfungsi

1. Adanya masalah dengan software seperti pengaturan yang salah atau konflik dengan driver bisa menyebabkan keyboard tidak bisa berfungsi

2. Adanya masalah dengan sistem operasi seperti pembaruan yang salah atau virus dapat menyebabkan keyboard tidak bisa berfungsi

3. Adanya kerusakan pada fisik seperti tombol yang terlepas, kotoran atau cairan yang masuk ke keyboard, atau kerusakan pada bagian dalam keyboard dapat menyebabkan masalah.

4. Adanya masalah dengan hardware seperti kabel yang putus, kontak yang longgar, atau kerusakan pada komponen dalam dapat menyebabkan keyboard tidak berfungsi.

Baca Juga:   7 Cara Mengatasi Jaringan 4G Lemot, Dijamin Langsung Gesit

5. Dalam beberapa kasus terdapat beberapa laptop mungkin tidak kompatibel dengan keyboard eksternal atau papan tombol virtual

6. Ternyata suhu yang tinggi pada laptop bisa menyebabkan kerusakan pada komponen, termasuk keyboard

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi

1. Beberapa kali restart komputer dapat memperbaiki masalah keyboard

2. Pastikan jika keyboard tidak dinonaktifkan dalam pengaturan software atau di device manager

3. cobalah menggunakan mouse eksternal atau joystick untuk membuka device manager dan periksa pengaturan keyboard

4. Hapus keyboard dari device manager dan install ulang driver

5. Perbarui sistem operasi kamu ke versi terbaru

6. Jika masalahnya merupakan kerusakan fisik seperti tombol yang terlepas, kamu mungkin harus membawanya ke teknisi atau menggantinya