Scroll untuk baca artikel
HeadlineWisata

10 Kuliner khas Tuban paling hits, rajungan hingga serabi selong

535
×

10 Kuliner khas Tuban paling hits, rajungan hingga serabi selong

Sebarkan artikel ini

Rasanya bikin ketagihan

Selain keanekaragaman wisata mulai dari pantai hingga wisata religi, Tuban juga terkenal dengan destinasi kuliner dengan cita rasa yang menggugah selera. Tuban memiliki banyak sekali makanan khas yang wajib dicicipi.

Tuban juga terkenal dengan makanan khas yang unik dan lezat. Penasaran apa saja? berikut makanan khas Tuban yang wajib dicicipi kelezatannya.

1. Garang Asam

Sumber: @saladbuahlegikasari

Garang asam khas Tuban ini memiliki rasa dan kenikmatan yang berbeda dari garam asam lainnya. Terbuat dari daging ayam kampung yang diolah dengan baik dan khusus sehingga memiliki tekstur daging yang empuk dan lezat. Dan dicampurkan ke kuah yang segar dan bening membuat mulut tak ingin berhenti menyantapnya.

2. Rajungan Tuban

Sumber: @pprriimmaaa

Rajungan merupakan jenis binatang laut yang mirip dengan kepiting. Hewan ini banyak ditemukan di pesisir Tuban. Biasanya Rajungan Tuban diolah menjadi Kari Rajungan dan memasaknya pun masih menggunakan cara tradisional. Sehingga membuat bumbu-bumbu meresap dengan baik dan membuat kelezatan tiada tara.

Baca Juga:   Oleh-oleh khas Tuban, dari Legen hingga Ikan Asin

3. Belut Pedas Khas Tuban

Pecinta belut pasti akan menyukai masakan satu ini. Akan menemui banyak sekali olahan belut yang beraneka rasa di Tuban. Dari digoreng, berkuah, dan rica-rica. Apalagi belut ini dihidangkan denga rasa yang pedas membuat kenikamatannya bertambah.

4. Es Bubur Sumsum

Cocok sebagai menu penutup setelah menikmati makanan khas Tuban lainnya. Memiliki tekstur lembut sehingga sangat mudah ditelan. Jika cuaca sedang panas, minuman ini sangat menyegarkan dan sangat mudah dinikmati kapan saja.

5. Serabi Selong Tuban

Sumber: @ sholichah_zain

Makanan khas Tuban yang satu ini memiliki bentuk yang mirip dengan serabi khas Bandung. Namun perbedaannya dengan serabi khas Bandung adalah pengolahan dan bumbu-bumbu yang dipakai. bagaimana? dari melihat gambarnya saja sudah ingin menyantapnya bukan? serabi ini memiliki rasa yang gurih dan memanjakan lidah.

Baca Juga:   Rahasia Ampuh Menghilangkan Bau Tak Sedap Jengkol Hanya dengan 1 Bahan Ajaib!

6. Becek Menthok

Sumber: @kulinertuban.id

Makanan terbuat dari menthok atau itik dengan kuah yang memiliki rasa yang sangat nikmat. Cara memasaknya pun dengan cara diungkep dengan campuran bumbu-bumbu dan rempah pilihan sehingga rasanya sangat lezat karena bumbu dan rempah meresap ke dalam daging menthok.

7. Dumbek

Makanan yang satu ini wajib dicicipi jika sedang berada di Tuban. Cemilan ini memiliki cita rasa yang menawan dan gurih. Dumbek juga memiliki keunikan dari bentuknya. Sebab makanan ini disajikan dengan dibungkus daun yang menyerupai terompet.

8. Ampo

Sumber: @exploretuban

Mungkin nama ampo jarang didengar oleh masyarakat di luar Tuban. Seperti diketahui, makanan khas tuban ini terbuat dari tanah liat. Memiliki rasa seperti stik coklat sehingga cocok menjadi cemilan keluarga.

Baca Juga:   4 Manfaat Tersembunyi Bubur Sop Ayam Kuliner Khas Cirebon yang Bikin Lidah Bergoyang! Nomor 3 Luar Biasa!

9. Siwalan

Sumber: @feronicas

Buah yang satu ini bisanya menjadi oleh-oleh jika pulang berwisata maupun sekedar lewat Tuban. Memiliki rasa yang unik dan segar, bahkan sangat cocok jika buah Siwalan ini dicampur dengan puding atau kue. Bisa juga dijadikan campuran minuman agar lebih segar dan lezat.

10. Legen

Sumber: @tubankuliner.id

Minuman ini merupakan air dari buah siwalan. Memiliki rasa yang manis dan menyegarkan dahaga. Tak sedikit orang yang menyobanya langsung ketagihan tengan kelezatannya. Bagaimana, ingin mencicipi betapa menyegarkannya legen? harganya relatif murah bagi kantong.