oleh

Menglus-elus Honda C70, klangenan pecinta motor yang sulit diganggu

Honda punya C50, C90 dan C70

Memiliki motor terkadang tak lagi dinilai dari fungsinya. Melainkan memposisikannya sebagai klangenan. Jadinya jarang dipakai, dielus-elus, kotor sedikit cepat-cepat dibersihkan.

Ya, hobi motor memang sulit untuk dilogika. Terkadang beli aksesoris dan segala macamnya bisa seharga motor. Tapi itulah hobi.

Sebagaimana para pecinta motor Honda C70 atau biasa disebut Ulung atau Oeloeng atau honda pitung. Komunitas-komunitas motor ulung ini ada di hampir semua kota di Indonesia. Meski usia motornya sudah lebih setengah abad, namun jangan salah, banyak yang masih kinclong dan glowing. Tarikannya juga josss gaspoll.

Sejarah singkat Honda C70

Sumber wikipedia

Siapa yang tak kenal pabrikan motor satu ini. Honda merupakan salah saru merek kendaraan yang ada di Indonesia. Terkenal akan keiritan, kenyamanyan serta suku cadang yang mudah didapat.

Motor Honda C70 merupakan salah satu dari seri motor Super Cub keluaran pebrikan Honda. Dalam era penjualannya motor ini sangat diminati dan cukup laris di pasar Indonesia.

Hadir di era tahun 1960-an seri Super Cub menawarkan tiga varian yakni Honda C50, Honda C90, dan Honda C70. dari ketiga varian tersebut Honda C70 mampu menjadi salah satu varian terpopuler di masyarakat.

Sepeda motor Honda Super Cub mulai dikenal pada tahun 1961 dengan varian Honda C100 dan C102 berkapasitas masin 50cc kendaraan tersebut sebagai Honda Unyil.

Kemudian diantara tahun 1965 hingga 1973, Honda baru memperkanalkan C50, C90 dan C70. dan di Indonesia C70 ini dikenal dengan sebutan Honda Si Pitung atau “pitung puluh” yang dalam bahasa jawa berarti “tuju puluh” sebab motor ini dibekali dengan mesin berkapasitas 70cc. Namun, ada juga yang menyebut honda ulung.

Memasuki era 1980, pihak Honda mengakhiri seri C dengan menperkenalkan mootor Honda 700 dan Honda 800 sebagai pengembangan dengan basis yang diambil dari model Honda c series. hingga model terakhir diterapkan pada motor Honda Astrea dan Honda Prima.

Memiliki harga jual yang tinggi

Motor Honca C70 ini memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat hingga saat ini masih banyak orang pecinta motor clasic yang mengincar motor ini.

Melihat peluang dan pecinta motor klasik yang masih banyak. Hoda kembali merilis motor lejend Super Cub ini dengan varian C110 dan C125. dengan teknologi dan fitur yang modern seperti keyless dan lampu LED dan sudah menggunalkan sistem bahan bakar injeksi

Banyak kalangan masyarakat membili body asli motor ini dan merestorasinya hingga seperti awal pertama keluar dari dealer. ada juga yang memodif motor dari dasar model motor grend dan astrea. mereka memodif hingga menyerupai motor clasic C70.

Hingga kini harga motor ini mampu dijual dengan harga mulai Rp 5 jutaan hingga Rp 10 juta tergantung dari kelengkapan asesoris dan keorisinilan motor tersebut.

Oh ya, jika kamu penyuka atau koleksi Honda C70, bolehlah berbagi cerita

Berita Terkait