Scroll untuk baca artikel
HeadlineWisata

Wisata Air Terjun Pengantin, mitos cinta abadi hingga kisah Eyang Galiman

463
×

Wisata Air Terjun Pengantin, mitos cinta abadi hingga kisah Eyang Galiman

Sebarkan artikel ini

Tempat wisata indah dan nyaman

Sumber: @airterjunpengantin

Mungkin mendengar kata Air Terjun Pengantin pasti akan terlintas dalam pikiran bahwa itu adalah sebuah film horor. Ya, sebab Air Terjun Pengantin ini memang pernah menjadi salah satu film horor yang sempat hits pada masanya.

Bagi wisatawan yang ingin berlibur dan mencari tempat wisata dengan ketenangan alam dan jauh dari kata keramaian, tempat ini mungkin cocok bagi anda.

Lokasi wisata

Tempat wisata dengan panorama keindahan alam yang menawan ini pasti akan membuat wisatawan terpesona.

Banyak wisatawan yang datang kelokasi sangat terkesan dengan keindahan alam di sana, bahkan tak sedikit wisatawan yang merasa betah berlama-lama di wisata Air Terjun Pengantin ini.

Baca Juga:   Pesona wisata Kebun Teh Jamus Ngawi, hamparan hijau yang memanjakan mata

Lokasi objek wisata ini berada di Srambang, RT.03/RW.01, Besek, Hargomulyo, Ngrambe, Kabupaten Ngawi.

Banyak mitosnya lho

Sumber: @airterjunpengantin

Tempat wisata Air Terjun Pengantin memiliki mitos atau kisah tersendiri dan unik. Konon, boleh percaya boleh tidak, siapa saja yang membawa pasangan ke Air Terjun Pengantin hubungannya akan awet dan damai.

Dikisahkan, dulu ada sepasang kekasih yang berwisata ke Air Terjun Pengantin ini setelah mereka pulang hubungannya makin awet dan damai. Bahkan hubungan asmara keduanya hingga ke pernikahan. Selain itu ada juga mitos bahwa jika ada suami istri yang menyentuh air di area tersebut, maka hubungannya akan makin awet dan harmonis.

Kisah Eyang Galiman

Baca Juga:   Wisata alam Srambang Park, segarnya air terjun dan rindangnya pepohonan hutan jati

Tokoh ningrat keturunan Adipati Gendingan yang bernama Eyang Galiman selalu tak akan lepas dari perbincangan ketika menyebut Air Terjun Pengantin. Ia merupakan seorang penyair Islam yang berada di Dusun Besek. Eyang Galiman tertarik dengan adat pernikahan warga setempat.

Kemudian ia dipercaya menjadi pemimpin prosesi pernikahan oleh warga setelah ia memberikan pendapat atau menyampaikan kepada warga sekitar bahwa ketika daup mantu harus dilakukan secara agama agar keturunannya nanti berkualitas dan baik.

Eyang Galiman akan selalu berpuasa setiap akan melaksanakan ritual. Kemudian ia mengambil air suci yang berada di Air Terjun Pengantin yang akan diminumkan ke mempelai.

Tempat yang indah dan nyaman

Baca Juga:   Wisata alam Bukit Kerek Indah Ngawi suguhkan pemandangan indah, ini 5 fotonya

Air Terjun Pengantin ini memiliki panorama keindahan alam yang menawan. Cocok bagi wisatawan yang menginginkan tempat berlibur dengan suasana yang damai dan memanjakan mata. Di objek wisata yang penuh sejarah ini ada dua jembatan untuk berfoto ria dan letaknya tepat di hadapan air terjun.

Kedua jembatan yang indah ini bernama Jembatan Kapal dan Jembatan Cinta. Tak hanya jembatan, di wisata Air Terjun Pengantin juga terdapat gazebo untuk berteduh bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana sejuknya di tempat wisata tersebut.