Scroll untuk baca artikel
HeadlinePERSPEKTIF

Dahulukan harapan atau tujuan?

362
×

Dahulukan harapan atau tujuan?

Sebarkan artikel ini

Hal sepele dapat merusak segalanya

Penulis: Indika Fahrul H

Sebenarnya lebih penting mana sih antara tujuan dan harapan? kok bikin pusing ya? memang semua kehidupan di wajah dunia yang sudah keriput sebab semakin tua ini membingungkan. Apalagi hal sepele yang mungkin tak terfikirkan namun memiliki arti yang penting dalam hidup.

Sebelum memasuki pembahasan lebih dalam penulis ingin bertanya, apa sih tujuan hidupmu? di usia berapa kalian tau? apa hingga sekarang masih belum mengerti kenapa kok kita dihidupkan di dunia ini? bagi sebagian orang pasti menjawab ” Ah bulshit, hidup dibikin santai aja ngapain memikirkan hal yang tak ada gunanya”. Apakah itu semua tak guna, memang. Memang tak guna bagi orang yang tak peduli dengan hidupnya. Padahal kita bernafas di dunia ini harus memiliki tujuan yang jelas dan konsisten. Maksudnya? tolong dibaca ulang kalimat sebelum ini dengan tenang dan santai, pergunakan fikiran dengan sempurna.

Baca Juga:   Bantu Kalahkan Juventus, Brahim Diaz: Gol Yang Saya Impikan

Namun kebanyakan orang pasti menanyakan tujuan kepada orang lain ketika merasa kebingungan dengan tujuan hidupnya. Ya mungkin ingin meniru orang yang dirasanya memiliki karakter yang mirip dengannya. Apakah benar? semua kembali lagi ke pembahasan di atas. Apakah kita harus sama dengan orang lain secara utuh? terus apa gunanya kita dilahirkan sebagai manusia yang memiliki sejuta perbedaan? ah makin bikin pusing saja.

Sebenarnya mudah jika kita mau memahami diri kita sendiri yang penuh akan kekurangan ini. Jika kita memiliki fikiran kalau hidup dijalani saja seperti seperti mengalirnya air di sungai. Apakah kalian mengerti jika sungai tak hanya ada air saja. Ya kalau itu hanya dedaunan yang telah gugur dan berenang di atas air sungai, namun jika itu kotoran manusia, apakah kalian mau terbenturkan dengan kotoran itu? sebelum berkata tak sepakat, coba baiknya berbisik dengan diri sendiri arti perkataan tadi.

Baca Juga:   Kocak, aski bocah bahagia sekolahnya terbakar

OK!. Ternyata adanya sebuah tujuan sangat penting kan?!. Memang ini hal sepele namun ini menjadi kunci hidup kita nantinya. Tapi kebanyakan orang hanya mementingkan harapan dari pada tujuan. padahal menurut Snyder (2000) harapan adalah keseluruhan dari kekampuan individu untuk menghasilkan jalur mencapai tujuan yang diinginkan. Jadi penting mana antara tujuan dan harapan? pasti kalian semua sudah tau.

Maka dari itu, jangan banyak berharap apalagi terhadap manusia, hahaha!. Letakkan harapan pada dirimu sendiri setelah menentukan tujuan yang jelas dan pasti. Jika belum memiliki tujuan yang pasti, jangan pernah berharap.