Scroll untuk baca artikel
HeadlineKabar

Wisata religi Kubur Kalang, situs prasejarah

265
×

Wisata religi Kubur Kalang, situs prasejarah

Sebarkan artikel ini

Hidup di era megalitikum

Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Suku Kalang atau biasa di sebut Wong Kalang ialah salah satu subsuku di Jawa. Diketahui mereka hidup pada era megalitikum atau pada zaman kerajaan-kerajaan Nusantara. Namun pada saat itu, mereka dikucilkan oleh masyarakat mayoritas pada saat itu. Maka dari itu pengucilan tersebut yang mengawali sebutan Kalang.

Peti kubur batu Kalang dapat di temui di Desa Kawengan, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro. Lokasi petinya sekitar 10km dar Bengawan Solo, tempatnya di lereg perbukitan yakni bukit Sumur 70 Kedewan. Tak hanya itu, peti kubur batu juga dapat ditemui di Bukit Gunung Mas.

Dalam lokasi kubur Kalang dengan kedalaman lubang kubur sekitar 60cm ini pernah ditemukan peninggalan masa lalu seperti manik-manik, golok, gerabah halus dan gelang perak. Tak hanya itu, dalam lokasi juga ditemukannya tengkorak.

Baca Juga:   Lestarikan Seni Tradisi, PPKD Bojonegoro Akan Gelar Launching HKI Oklik

Pada tahun 1997 diadakan penggalian oleh Balai Arkeologi Yogyakarta. Bahkan karena ketidaktahuan masyarakat, pada tiga puluh tahun yang lalu batu-batu yang merupakan peti kubur di ambil oleh proyek bangunan. Dari Arkeolog yang berasal dari Universitas Negeri Malang mengatakan jika batu tersebut merupakan tradisi megalitik tua yang sudah ada sejak masa bercocok tanam pada zaman prasejarah.

Situs ini diperkirakan paling tua berasal dari masa perundagian pada zaman prasejarah. Bahkan berasal dari masa Hindu Buddha yang masih melanjutkan tradisi prasejarah, hal ini dapat dilihat dari temuan yang bisa jadi adalah bekal kubur.