Scroll untuk baca artikel
Kabar

iPhone SE (2020) Kombinasi Kuat Antara Kinerja dan Harga

27
×

iPhone SE (2020) Kombinasi Kuat Antara Kinerja dan Harga

Sebarkan artikel ini

HULUHILIR.COM – Apple telah merilis iPhone SE (2020) sebagai pilihan yang menarik bagi para pengguna yang mencari kombinasi kinerja tinggi dengan harga yang lebih terjangkau. Meskipun iPhone SE (2020) merupakan pilihan yang lebih terjangkau, ia tetap dilengkapi dengan chip A13 Bionic, yang juga digunakan dalam seri iPhone 11.

Chip ini memberikan kinerja yang sangat cepat dan efisien, memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi dan game yang menuntut dengan lancar, serta mendukung pengalaman penggunaan sehari-hari yang mulus. Apple mengeluarkan tiga pilihan warna untuk seri SE 2020, yaitu hitam (Midnight), putih (Starlight) dan merah (Red).

Apple merilis seri SE 2020 pertama kali pada April 2020. Selain itu, iPhone SE (2020) mengadopsi desain yang terbukti dari iPhone 8, dengan layar Retina HD 4.7 inci dan tombol home fisik dengan sensor sidik jari Touch ID. Ditambah lagi bobotnya hanya 148 gram sehingga ponsel ini nyaman digenggam dan dioperasikan hanya dengan satu tangan.

Baca Juga:   Cara Menggunakan WhatsApp Proxy di Android dan iPhone

Salah satu keunggulan utama dari iPhone SE (2020) adalah harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan model iPhone lainnya yang dilengkapi dengan chip A13 Bionic. Ini membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi pengguna yang ingin memiliki pengalaman menggunakan iOS terbaru dengan anggaran yang lebih terbatas.

Ponsel ini menggunakan chipset Apple A13 Bionic yang dipadukan bersama CPU Hexa-core dan GPU 4-core graphics Apple. Chipset A13 Bionic termasuk kelas flagship dan merupakan konfigurasi dapur pacu yang sama dengan seri iPhone 11. Harga iPhone SE (2020) dan harga iPhone 11 sebenarnya tidak jauh berbeda, namun kualitas audio iPhone SE (2020) cukup bagus untuk kelas entry level iPhone.

Jika Anda ingin membeli iPhone SE (2020) ataupun iPhone 11 bekas, harganya pun tidak akan jauh berbeda. Harga iPhone 11 berkapasitas 128 GB second dijual dengan harga Rp 5.500.000, sedangkan iPhone SE (2020) 128 GB bekas dijual seharga Rp 4.650.000.

Baca Juga:   2 Cara Mudah Reset iPhone Lupa Password Tanpa Menghapus Data

Meskipun hanya dibekali dengan stereo sound, bukan spatial audio tech seperti pada iPhone 11 dan seri setelahnya. Selain itu, iPhone SE 2020 juga tidak dilengkapi dengan Dolby Atmos. Namun secara keseluruhan, kualitas suara dari speaker built-in ini cukup bagus dan detail untuk menikmati sajian video musik atau TV series.

Bodi depan dan belakangnya dilapisi panel kaca dengan frame aluminium dan finishing glossy sehingga membuat ponsel ini terlihat elegan dan menawan. Sementara pada bagian depan, terdapat selfie kamera serta tombol Home yang juga berfungsi sebagai Touch ID. Untuk kehadiran port, ponsel ini dilengkapi dengan Lightning port untuk mengisi baterai.

Meskipun iPhone SE (2020) hanya dilengkapi dengan satu kamera belakang, kualitas fotografi yang dihasilkan tetap sangat baik. Kamera 12 MP dengan mode Portrait, Depth Control, dan Smart HDR memungkinkan pengguna untuk mengambil foto berkualitas tinggi dengan mudah, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang challenging.

Baca Juga:   Cara Mudah Membuat Barcode di HP Android dan iPhone

iPhone SE 2 sudah memiliki sertifikasi level IP67 menurut standar EIC. Ini artinya spesifikasi ponsel tersebut sudah tahan tumpahan atau cipratan air. iPhone SE 2 juga tahan di kedalaman air maksimum 1 meter selama 30 menit.

Sebagai produk Apple, iPhone SE (2020) akan mendapatkan dukungan sistem operasi dan pembaruan keamanan jangka panjang dari Apple. Ini berarti pengguna dapat yakin bahwa perangkat mereka akan tetap mendapatkan pembaruan iOS terbaru selama beberapa tahun ke depan, menjaga keamanan dan kinerja perangkat.

iPhone SE (2020) adalah pilihan yang menarik bagi para penggunanya. Meskipun mungkin tidak memiliki fitur-fitur canggih seperti model iPhone yang lebih mahal, iPhone SE (2020) tetap menjadi pilihan yang solid dan dapat diandalkan tanpa menguras dompet.