Scroll untuk baca artikel
Otokita

4 Tips Simpel Merawat Radiator Kendaraan

520
×

4 Tips Simpel Merawat Radiator Kendaraan

Sebarkan artikel ini

Jangan sampai overheat

Sumber: wikipedia

Radiator merupakan suatu komponen dalam kendaraan yang berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar terhindar dari panas berlebih atau overheat.

Masih banyak pengguna kendaraan tak begitu peduli atau abai tentang komponen radiator tersebut. Radiator biasanya terletak di bagian depan sebuah kendaraan. Radiator juga harus dicek atau dilakukan perawatan secara rutin agar berfungsi secara optimal.

Nah, berikut tips sederhana merawat radiator pada kendaraan. Mudah dipraktikkan.

1. Gunakan Air Coolant

Biasanya suatu radiator diisi menggunakan air biasa. Namun alangkah baiknya bila selalu gunakan air coolant untuk cairan radiator kendaraan. Air coolant mengandung zat yang dinama dapat membersihkan saluran radiator, mencegah terjadinya endapan, serta memiliki suhu didih yang lebih tinggi dibandingkan air biasa.

Baca Juga:   4 Tips Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet

2. Cek Volume Air

Selalu cek volume air radiator kendaraanmu minimal 3 bulan sekali bila kondisi radiator masih prima. Jangan sampai air radiatormu habis hingga mengakibatkan overheat dan akan merusak komponen yang lain. Jaga selalu volume air agar diatas batas minimum yang telah ditentikan.

3. Cek Kebocoran

Jangan sampai terjadi kebocoran pada sitem pendingin radiator ini. Jika hal tersebut terjadi air dalam radiator akan berkurang dan mesin akan cepat panas. Selalu cek apakah terdapat rembesan atau kebocoran pada saluran radiator kamu dan segera lakukan perbaikan bila hal tersebut terjadi.

4. Cek Tutup Radiator

Tutup radiator tak hanya berperan sebagai penutup semata. Namun tutup radiator juga sebagai pengatur tekanan air yang ada di dalam radiator untuk dibuang ke tabung cadangan ataupun sebaliknya. Pastikan tutup radiator tertutup rapat dan karet dalam keadaan lentur dan tidak getas.