Scroll untuk baca artikel
HeadlineOtokita

4 Tips Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet

696
×

4 Tips Merawat Rantai Motor Agar Lebih Awet

Sebarkan artikel ini

Jangan sampai putus di perjalanan

rantai motor/sumber: pixabay

Rantai pada motor memiliki peran yag sangat penting sebagai media penyalur tenaga dari mesin yang disalurkan keroda sehingga motormu dapat berjalan. Menjadai hal yang menyebalkan bila rantai motormu putus ditengah perjalanan sehingga perjalanmu akah terganggu.

Sebagai komponen yang memiliki mas umur pemakaian rantai juga harus dirawat agar masa pakai rantai bisa lebih awet dan tahan lama. Berikut beberapa tips yang membuat rantai motormu lebih awet.

1. Jaga kebersihan Rantai

Rantai motor menjadi suatu komponen yang mudah kotor sebab posisi rantai yang berada diluar sehingga mudah untuk terkena lumpur, debu, air atau kotoran lainnya.

Lakukan pembersihan secara rutis terhadap rantai motor mu untuk terhindar dari karat dan beragam masalah yang dapat menggangu kinerja dari rantai motormu.

Baca Juga:   5 Ciri Alternator Mobil Rusak Yang Perlu Diketahui

2. Beri Pelumas

Pemberian pelumas pada rantai bertujuan untuk menjaga kondisi rantai agar tetap prima dan menghilangkaan suara yang cukup mengganggu yang biasanya ditimbulkan. Namun lakukan pelumasan pada rantai dengan pelumas khusus rantai yang terdapat zat kimia yang menyegah rantai agar tidak cepat aus.

3. Periksa Secara Berkala

Luangkan waktumu untuuk memerikas kondisi rantai motor kamu apakah ditemukannya sesuatu yang tidak semestinya. lakukan penyetelan bila kondisi rantai sudah cukup kendor dan segera ganti bila rantai motormu telah mengalami keausan.

4. Gunakan Produk Original

Sebagai salah satu komponeen yang penting jangan menggunakan produk aftermarket selain produk yang tidak original apalagi yang memiliki harga yang lebi murah. Gunakan selalu produk yang original agar rantai motor kamu awet dan sesuai aturan pabrikan motor.