oleh

4 Masalah Yang Kerap Dialami Motor Injeksi

Memiliki beragam masalah

-Kabar, Otokita-56 Dilihat

Sistem injeksi kini telah menjadi teknologi standar pabrikan dalam memproduksi motor terbarunya. Dibandingkan dengan sistem karburator, sistem injeksi memiliki sistem yang komplek dan terintregasi terdiri dari beragam sensor serta diklaim mampu membuat motor menjadi lebih irit dan hemat.

Namun dibalik itu semua, motor injeksi memiliki beragam masalah yang sering dialami. Mulai dari hal yang ringan hingga berat. Sebagai pengguna motor injeksi, kamu harus mengetahui masalah-masalah yang sering dialami oleh motor injeksi berikut ini.

1. Sein Susah Dihidupkan

Sering kali terjadi tak hanya pada motor karburator, motor injeksi juga sering bermasalah pada saat dihidupkan, dimana hal ini bisa terjadi akibat terdapat kotoran dalam saluran bahan bakar yang menuju injektor. Bila kotoran tersebut banyak dan menumpuk maka akan menghambat dari lajunya bahan bakar. Selain itu kondisi aki yang sudah lemah juga menyulitkan motor untuk dihidupkan.

2. Tarikan Tidak Stabil

Masalah selanjutnya adalah tarikan gas yang tidak stabil. Hal ini biasa terjadi dan menganggu kenyamanan berkendara dinama saat tarikan gas motor terasa berat atau malah ngempos.

Hal ini bisa saja terjadi akibat dari filter udara yang kotor hingga menyebabkan gas tidak bisa stabil. Filter udara yang kotor akan menghambat udara yang masuk dan tidak mampu lagi menyaring udara kotor sehingga proses pembakaran tidak terjadi secara sempurna. Selain faktor filter udara. Kerengganggan busi yang tidak tepat juga menjadi akibat dari gas yang tidak stabil pada motormu.

3. Motor Mati Mendadak

Menjadi masalah yang cukup mengkhawatirkan. Keadaan ini kerap kali terjadi pada motor bermesin injeksi. Biasanya hal ini terjadi akibat dari konsidi mesin yang mencapai panas berlebih atau overheat. Namun hal tersebut sering kali diabaikan pada pengendara dan memaksa menyalakan motor kembali yang bisa saja berakibat lebih fatal pada komponen lainnya seeperti injektor atau bagian mesin yang lain.

4. Injektor Rusak

Injektor adalah suatu komponen yang berfungsi menyemprotkan bahan bakar yang nantinya dicampurkan dengan udara pada Throrrle Body. Bila komponen tersebut ada kerusarakan maka sistem pembakaran terjadi dengan tidak sempurna. Injektor tersebut sangat mudah rusak bila saja pemiliki menggunakan bahan bakar yang kotor atau tidak sesuai dengan yang diperuntukan motor tersebut.