Scroll untuk baca artikel
KabarOtokita

6 Hal Yang Wajib Diperhatikan Saat Mengendarai Mobil Bermuatan Penuh

197
×

6 Hal Yang Wajib Diperhatikan Saat Mengendarai Mobil Bermuatan Penuh

Sebarkan artikel ini

Butuh kejelian

Dalam pembutatan mobil sejatinya telah ditentukan maksimal berat yang diharuskan. Namun sebagian besar pemilik mobil memberikan beban muatan melebihi apa yang sudah diatur.

Kendaraan dengan muatan yang penuh tentunya mengundang potensi bahaya pada kondisi tertentu akibat dari pemaksaan suatu kapasias dari kendaraan.

Selain hal tersebut kendaraan dengan muatan berlebih juga merupakan tindakan melanggar peraturan jalan raya dan menggangu pengendara lain. Namun karena beberapa hal pengemudi harus melakukan hal tersebut. Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengemudi dengan muatan yang penuh.

1. Pastikan Kondisi Kendaraan

Pastikan selalu kondisi mobilmu dalam keadaan yang prima dan sehat. Hal ini meliputi keadaan pada bagian mesin dan kaki-kaki pastikan dalam keadaan yang siap kerja. Sebab disaat dalam muatan penuh mesin mobilmu akan bekerja lebih ekstra daripada biasanya.

Baca Juga:   Spesifikasi E-Scooter AXGM, Punya Tiga Roda

2. Periksa Tekanan Angin

Ban merupakan komponen yang terus berputar saat perjalanan dan hal tersebut dapat menimbulkan panas. Pastikan saat mobil dalam muatan penuh tekanan ban jangan sampai kurang untuk terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

3. Menjaga Kecepatan

Mengemudi dengan keadaan muatan yang penuh tentu akan berbeda saat mobil dalam keadaan kosong. Untuk itu jaga kecepatan mobilmu sesuai dengan kondisi jalanan untuk mempermudah dalam pengendalian.

4. Jangan Memaksa

Hal ini dalam artian jangan memaksakan mendahului tanpa perhitungan yang matang. Jangan ceroboh saat mendahului. Sebab tarikan mesin akan berbeda dengan saat mobil dalam keadaan kosong. Jangan pula menyalip pada saat jalan menanjak untuk terhindar dari hal yang tidak dnginkan.

Baca Juga:   6 Tanda HP Akan Meledak, Cegahlah Sebelum Terjadi

5. Jangan Manuver Agresif

Pada saat muatan penuh sebaiknya jaga kestabilan mobil dan muattanmu. Sebab dalam kondisi muatan, mobil akan lebih limbung dan sulit dikendalikan dari biasanya.

6. Jangan Rem Mendadak

Perhatikan selalu dan jaga jarak dengan kondisi kendaraan di depan. Perhatikan pula kondisi lalu lintas sekitar. Sebab saat bermuatan penuh, rem mobilmu tidak sepakem pada saat mobil kosong. Dan jangan lakukan pengereman mendadak untuk menjaga kondisi muatanmu agar tetap baik.