Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Cara Mengaktifkan Pesan Terhapus Otomatis di Whatsapp dengan Mudah

216
×

Cara Mengaktifkan Pesan Terhapus Otomatis di Whatsapp dengan Mudah

Sebarkan artikel ini

Terdapat jangka waktu tertentu

Cara Mengaktifkan Pesan Terhapus Otomatis di Whatsapp
Sumber: Unsplash

Cara Mengaktifkan Pesan Terhapus Otomatis di Whatsapp – Pengguna WhatsApp telah dimudahkan dengan fitur untuk menghapus pesan secara otomatis yakni fitur Disappearing Messages. Fitur ini baru dirilis WhatsApp sejak tahun 2020 dan telah disempurkan pada 2021. Fitur Disappearing Messages dapat digunakan di Android ataupun iOS.

Penghapusan otomatis lewat fitur Disappearing Messages dapat dilakukan dengan jangka waktu tertentu dan dapat diatur sesuai keinginan oleh pengguna. Dengan menggunakan fitur tersebut, pengguna makin dipermudah untuk tidak kembali repot-repot membersihkan isi pesan karena akan terhapus secara otomatis.

Pada fitur Disappearing Messages terdapat beberapa pilihan seperti 24 jam, 7 hari, hingga 90 hari. Pengguna dapat memilih salah satu dari pilihan tersebut sesuai kebutuhan.

Pesan yang terhapus otomatis memiliki beberapa dampak buruk dan baik, tergantung pada situasi dan kebutuhan pengguna. Berikut adalah beberapa dampak buruk dan baik jika pesan terhapus otomatis:

Dampak buruk

1. Kehilangan informasi penting

Pesan yang terhapus otomatis dapat menyebabkan informasi penting hilang, terutama jika pesan tersebut berisi data penting atau informasi penting yang harus diingat untuk jangka waktu yang lama.

Baca Juga:   3 Manfaat Cuci Ac Mobil Berkala

2. Kesulitan dalam melacak pesan

Jika pesan terhapus otomatis terkait dengan suatu proyek atau pekerjaan yang sedang dilakukan, maka akan sulit untuk melacak pesan yang telah terhapus tersebut, sehingga dapat mengganggu efisiensi pekerjaan.

3. Masalah hukum

Dalam beberapa kasus, pesan yang dihapus otomatis dapat menyebabkan masalah hukum jika pesan tersebut berisi informasi yang relevan dengan masalah hukum.

Dampak baik

Baca juga: Cara Menghapus Pesan WhatsApp yang Telah Dikirim, Ketahui Penjelasannya

1. Privasi

Jika pesan berisi informasi pribadi atau rahasia, maka menghapus pesan secara otomatis dapat membantu menjaga privasi pengguna.

2. Keamanan

Jika pengguna khawatir tentang keamanan informasi mereka, menghapus pesan secara otomatis dapat membantu menghindari risiko kebocoran data atau informasi yang sensitif.

3. Ruang penyimpanan

Jika pengguna memiliki ruang penyimpanan yang terbatas di perangkat mereka, menghapus pesan secara otomatis dapat membantu menghemat ruang penyimpanan.

Secara keseluruhan, keputusan untuk menghapus pesan secara otomatis harus dipertimbangkan dengan baik dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Baca Juga:   Cara Membuat Video TikTok Masuk FYP, Dijamin 100% Terbukti

Cara Mengaktifkan Pesan Terhapus Otomatis di Whatsapp

Pesan Terhapus Otomatis
Sumber: Unsplash

Fitur “pesan yang akan hilang” di WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan yang akan dihapus secara otomatis setelah jangka waktu tertentu. Jika Anda ingin mengaktifkan fitur ini, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

2. Buka chat dengan kontak atau grup yang ingin Anda gunakan fitur ini.

3. Ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas layar.

4. Pilih “Pesan yang akan Hilang” dari menu yang muncul.

5. Pilih jangka waktu penghapusan pesan: 1 jam, 1 hari, atau 1 minggu.

6. Ketuk “Terapkan” untuk mengaktifkan fitur pesan yang akan hilang untuk chat tersebut.

Setelah mengaktifkan fitur pesan yang akan hilang, setiap pesan yang dikirim ke chat tersebut akan dihapus secara otomatis setelah jangka waktu yang Anda pilih. Namun, perlu diingat bahwa pengaturan ini hanya berlaku untuk pesan yang dikirim setelah pengaturan diubah. Pesan yang sudah dikirim sebelumnya tidak akan terpengaruh oleh pengaturan ini.

Baca Juga:   5 Cara Membatasi Pengguna WiFi dengan Mudah dan Praktis

Cara Menonaktifkan Pesan Terhapus Otomatis di Whatsapp

Cara Mengaktifkan Pesan Terhapus Otomatis di Whatsapp
Sumber: Unsplash

Fitur “pesan yang akan hilang” di WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan yang akan dihapus secara otomatis setelah jangka waktu tertentu. Jika Anda ingin menonaktifkan fitur ini, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

2. Ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas layar.

3. Pilih “Pengaturan” dari menu yang muncul.

4. Ketuk “Pesan” di bawah opsi Pengaturan Umum.

5. Gulir ke bawah dan cari opsi “Menghilangkan pesan”.

6. Jika opsi ini diaktifkan, matikan tombol di sebelahnya dengan menggesernya ke kiri.

7. Setelah itu, pesan yang dikirim oleh Anda atau oleh orang lain tidak akan dihapus secara otomatis setelah jangka waktu tertentu.

Namun, perlu diingat bahwa pengaturan ini hanya berlaku untuk pesan yang dikirim setelah pengaturan diubah. Pesan yang sudah dikirim sebelumnya tidak akan terpengaruh oleh pengaturan ini.