Scroll untuk baca artikel
KabarOtokita

Kapan Waktu Service Berkala Pada Mobil? Ini Jawabannya

191
×

Kapan Waktu Service Berkala Pada Mobil? Ini Jawabannya

Sebarkan artikel ini

Sesuaikan anggaran dengan kebutuhan

Service berkala merupakan wujud dari perhatian kita dalam merawat sebuah Kendaraan. Mobil merupakan sebuah tunggangan saat ini yang bisa mengantarkan kita dari satu tempat ketempat lain dengan mudah dan bisa kapan saja. Untuk itu kondisi yang tetap prima adalah hal yang wajib dijaga dari sebuah mobil itu sendiri.

Ada beberapa pilihan tempat untuk melakukan service rutinan pada mobil kamu misalnya pada bengkel resmi, bengkel rekanan, atau bisa dilakukan secara mandiri dirumah. Ada beberapa keuntungungan dan kekurangan dari masing-masing termpat tersebut yang dapat kamu pilih sesuai selera kamu.

Melakukan service pada bengkel resmi tentu akan memberikan kemudahan dan kepraktisan saat mobilmu sedang service berkala dimana pada bengkel resmi telah terdapat mekanik terlatih dan profesional serta bereagam part pergantian yang dapat dipastikan asli atau orisinil. lalu, kapan dan berapa estimasi biaya saat kita melakukan service berkala di bengkel resmi? mari kita simak berikut ini.

Baca Juga:   4 Cara Mudah Merawat V-Belt Pada Mobil

1. Service Berkala 1.000 Km

Sebagai mobil yang baru dibeli dari dealer, service berkala yang satu ini jangan sampai kelewatan. Service 1.000 km tersebut pihak bengkel resmi akan memberikan pelayanan secara gratis sebab di waktu tersebut bengkel hanya melakkan pengecekan dan maintenance untuk memastikan mobil dalam keadaan yang optimal serta tidak ada cacat atau kelalaian dalam produksi. Sebaiknya sampaikan keluhanmu pada masa ini sebab saat service di 1.000Km sebagian komponen masih mendapatkan garansi dari dealer.

2. Service Berkala 5.000 Km dan 10.000 Km

Pada rentan jarak tersebut akan dilakukannya pergantian beberapa komponen seperti oli mesin dan juga filter oli. Biasanya pada saat 5.000 km oli beserta filter oli tidak dimasukan biaya pada saat service sebab masih di berikan gratis dan hanya dikenakan biaya teknisi.

Baca Juga:   Cara Hemat Hilangkan Baret Pada Body Mobil, Kembali Kinclong

Umumnya beberapa pabrikan mobil menganjurkan perganian oli mobil setiap 5 hingga 10 ribu km atau 6 bulan mana yang tercapai lebih dulu. Pada masa ini pula biasanya dilakukan service ringan seperti Tune Up, pemeriksaan busi, tegangan aki, teli kipas, sistem pendingin, filter udara, pengecekan kampas rem, kopling, penambahan air radiator, air wiper, serta minyak rem. Untuk estimasi biaya dari beberapa bengkel resmi pabrikan mobil di Indonesia mulai dari 1,1 juta hingga 1,9 juta. Info tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi web resmi atau biasanya terdapat lembaran yang ada pada buku panduan saat membeli mobil.

3. Service Berkalaa 20.000 Km, 60.000Km, 100.000 Km

Memasuki jarak 20.000Km atau kurang lebih setahun selain service untuk pergantiaan oli dalam kelipatan 5.000 km. Sejumlah komponen akan di lakukan pemeriksaan saat service berkala di 20.000 km, 60.000 Km, dan 100.000KM. Biasanya pihak bengkal akan melakukan pergentian part seperti busi, saringan bensin, saringan AC serta oli transmisi. Dilakukan juga pemeriksaan kaki-kaki, roda, sistem pengereman, ban dan juga spooring serta balancing. Estimasi biaya yang dikenakan pada saat service kali ini berkisar 1,5 juta hingga 2,5 juta rupiah.

Baca Juga:   7 Tips Memilih Mobil Bekas Bagi Pemula Dengan Tepat

4. Service Berkala 40.000 Km, 80.000 Km dan 120.000 Km

Pada kelipatan angka 40.000 km atau kurang lebih 2 tahun terdapat perlakukan service besar pada mobilmu. Pada service kali ini biasanya banyak dilakukan pergantian part dengan biaya estimasi akan diperhitungkan diawal dibagian kasir. Kamu juga dapat memutuskan part mana yang perlu diganti untuk menekan biaya perbaikan. Sampaikan juga keluhan yang terjadi pada mobilmu. Untuk estimasi pasti biaya saat service kali ini berkisar 1,8 juta hingga 3 juta rupiah.