Scroll untuk baca artikel
HeadlineKabar

Gangkecil dan SJS Gelar Workshop Jurtizen, Cerdas di Dunia Digital

226
×

Gangkecil dan SJS Gelar Workshop Jurtizen, Cerdas di Dunia Digital

Sebarkan artikel ini

Lebih bijak menyebarkan informasi

Gangkecil dan Sekolah Jurnalistik Sosrodilogo (SJS) baru menggelar Workshop Jurtizen dengan tema “Cakap Menulis di Era Digital”. Acara yang digelar di Kebun Raya Wedi, Desa Wedi, Kapas, Bojonegoro (7/1/2023), berjalan dengan khidmat. Peserta workshop tampak antusias dan fokus dengan pembahasan yang disampaikan oleh pemateri.

Workshop Jurtizen sendiri merupakan singkatan dari Jurnalis Netizen. Jurtizen hadir karena perkembangan teknologi yang kini begitu pesat, membuat banyak pengguna gadget yang bisa membagikan informasi dengan cepat. Namun kecepatan netizen membagikan informasi belum tentu sepenuhnya benar, sebab terkadang belum diketahui kebenaran atau faktanya namun sudah di publikasikan.

Kemudahan untuk mengetahui infromasi kini begitu mudah, berbeda dengan pada zaman dulu yang harus menunggu berita di televisi atau kabar dari orang yang pernah melihat dan merasakan secara langsung, kini publik bisa mendapatkan informasi lewat gadgetnya masing-masing.

Baca Juga:   Menulis Sejarah Lokal dengan Model Jurnalistik

Nanang Fahrudin selaku pemateri memberikan sedikit tamparan kepada pengguna yang menyebarkan kabar atau berita tanpa mengetahui kebenarannya secara pasti. Para peserta diingatkan untuk selalu kritis dengan informasi yang didapatkan.

“Setiap ada konten, jadilah kritis, jangan percaya begitu saja,” kata pemateri Workshop Jurtizen Nanang Fahrudin.

Pada zaman sekarang, semua orang bisa membagikan informasi, sebab teknologi kini telah menyediakan kemudahan tersebut.

Nanang Fahrudin juga mengatakan jika ada perbedaan antara konten dan berita. Meski memiliki berbagai sisi yang mirip, namun ternyata konten dan berita adalah suatu hal yang berbeda.

“Berita merupakan produk jurnalistik, sedangkan konten bukan. Namun keduanya mengandung informasi,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Nanang Fahrudin juga memberikan pesan kepada peserta Workshop Jurtizen agar tidak mengorbankan keakuratan data demi kecepatan informasi.

Baca Juga:   8 Cara Mengatasi Badan Lemas setelah Sembuh dari Sakit

“Jangan pernah mengorbankan kebenaran informasi demi kecepatan penyebarannya,” imbuhnya.