Scroll untuk baca artikel
Kabar

28 Kecamatan di Bojonegoro, ini nama dan alamat lengkapnya

373
×

28 Kecamatan di Bojonegoro, ini nama dan alamat lengkapnya

Sebarkan artikel ini

Bojonegoro dikenal sebagai daerah penghasil migas dengan Blok Cepunya

Gedung pemkab Bojonegoro/Sumber: Bojonegorokab.go.id

Kabupaten Bojonegoro merupakan Kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Jawa Timur, dengan jarak kurang lebih 110 KM dari Ibu Kota Provinsi. Luas wilayah Kabupaten Bojonegoro adalah 230.706 ha dengan jumlah penduduk pada akhir Tahun 2018 1.311.042 jiwa.

Secara administratif memiliki batas wilayah yaitu sebelah Utara Kabupaten Tuban, sebelah Selatan Kabupaten Madiun, Nganjuk dan Jombang, Sebelah Timur Kabupaten Lamongan dan sebelah Barat Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Blora (Provinsi Jawa Tengah).

Pembagian Wilayah Kabupaten Bojonegoro terdiri dari 28 Kecamatan

  1. Kecamatan Kedewan

Tercatat dengan jumlah penduduk sebanyak 11.541 jiwa dengan luas wilayah 56,51 KM2, Kedewan merupakan bagian Kecamatan dari Kabupaten Bojonegoro yang terletak di bagian paling barat dan utara dengan jarak sekitar 46KM dari pusat kabupaten Bojonegoro. Wilayah Kasiman berbatasan langsung dengan Kabupaten Tuban disebelah Utara, Kecamatan Trucuk disebelah Timur, Kecamatan Kasiman dan Kalitidu disebelah Selatan, Serta Provinsi Jawa Tengah pada bagian Barat.

  1. Kecamatan Kasiman

Memiliki luas wilayah 51,80 KM2 dengan 28.226 jiwa sebagai penduduk, Kecamatan Kasiman merupakan Kecamatan Ujung Barat Dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Berjarak sekitar 40KM dari pusat Kabupaten, Kecamatan Kasiman berbatasan langsung dengan Kecamatan Kedewan dibagian Utara, Kecamatan Padangan dibagian Selatan, Kecamatan Malo dibagian Timur, serta Kecamatan Cepu Kabupaten Blora dibagian Barat.

  1. Kecamatan Padangan

Salah satu kecamatan paling ujung Barat di Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro ini memiliki luas wilayah 42KM2, dengan ketinggian antara 100-200 meter di atas permukaan laut, kecamatan Padangan berbatasan langsung dengan Kecamatan Kasiman di sebelah Utara, Kecamatan Ngraho di sebelah Selatan, Kecamatan Purwosari di sebelah Timur dan Kabupaten Blora Jawa Tengah di sebelah Barat.

  1. Kecamatan Ngraho

Kecamatan dengan wilayah Geografis yang merupakan dataran rendah dengan Sebagian perbukitan di sebelah Selatan, Ngraho merupakan wilayah Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ngawi. Kecamatan Seluas 71,48 KM2 ini memiliki populasi penduduk sebanyak 51.512 jiwa dengan Sebagian besar wilayah merupakan Hutan Jati.

  1. Kecamatan Margomulyo

memiliki luas wilayah 139,68 KM 2 Kecamatan Margmulyo berpenduduk sejumlah 25.539 jiwa. Sebagai wilayah yang berada di sisi Barat Daya dengan jarak 65KM dari pusat Kabupaten Bojonegoro, Kecamatan tersebut berada diketinggian 127 M di atas permukaan laut dengan Sebagian besar wilayahnya berupa Kawasan hutan dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Ngraho di sebelah Utara, Kabupaten Ngawi dan Kecamatan Tambakrejo di sebelah Timur, serta pada bagian Barat berbatasan dengan bengawan Solo dan Kabupaten Blora Jawa Tengah.

  1. Kecamatan Tambakrejo
Baca Juga:   Ubah fokus di metode gasing untuk wujudkan generasi hebat

Kecamatan Tambakrejo ini mempunyai luas wilayah sebesar 209,52 KM2 dengan jumlah penduduk sebanyak 60.755 jiwa. Dengan wilayah yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Ngraho dan Margomulyo di sebelah barat, Kecamatan Purwosari di sebelah Utara, serta di sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Ngambon dan Sekar.

  1. Kecamatan Purwosari

Kecamatan yang berjarak kurang lebih 26KM dari pusat Kabupaten Bojonegoro ini berada pada ketinggian 25 M di atas permukaan laut, memiliki luas wilayah sebesar 62,32 KM2 dengan jumlah penduduk sebanyak 33.484 jiwa, yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Kasiman di sebelah Utara, Kecamatan Kalitidu dan Ngasem di sebelah Timur, Kecamatan Ngambon dan Tambakrejo di sebelah selatan, dan Kecamatan Padangan di sebelah Barat.

  1. Kecamatan Gayam

Salah satu dari 28 kecamatan yang ada di Bojonegoro Kecamatan Gayam memiliki luas wilayah sebesar 50,05 KM2 dengan jumlah penduduk sebanyak 35.863 jiwa. Kecamatan ini berada pada batas wilayah Kecamatan Ngasem di bagian Timur, Kecamatan Purwosari di bagian selatan, Kecamatan Malo di baian Barat, dan Kecamatan Kalitidu di bagian Utara.

  1. Kecamatan Malo

Dengan luas wilayah 65,41KM2 Kecamatan Malo memiliki penduduk seanyak 17.789 jiwa. Kecamatan yang berada di sisi Utara dari Pemerintahan Bojonegoro ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Kedewan di bagian Barat, Kecamatan Kalitidu dan Trucuk pada bagian timur, serta Kecamatan Gayam pada sisi sebelah Selatan.

  1. Kecamatan Trucuk

Kecamatan yang berbatasan dengan Kecamatan Malo disebelah Barat, Kecamatan Kalitidu dan Dander di sebelah Selatan, dan Kecamatan Bojonegoro di sebelah Timur. Memiliki luas wilayah sebesar 36,71 KM2 dengan jumlah 44.505 jiwa sebagai penduduk.

  1. Kecamatan Kalitidu

Kecamatan Kalitidu merupakan Kecamatan yang memiliki luas sebesar 65,95 KM2 dengan populasi penduduk sebanyak 55.470 jiwa. Berbatasan langsung dengan Kecamatan Trucuk di sebelah Utara, Kecamatan Malo di sebelah Barat, Kecamatan Dander di sebelah Selatan, dan Kecamatan Dander di sebelah Timur.

  1. Kecamatan Ngasem

Berjarak kurang lebih 30KM dari pusat Kabupaten Bojoneoro luas wilayah Kecamatan Ngasem sebesar 65,95KM2 berbatas langsung dengan Kecamatan Kalitidu di bagian Utara, Kecamatan Ngambon di bagian Selatan, Kecamatan Gayam di bagian Barat, dan Kecamatan Dander di bagianTimur.

  1. Kecamatan Ngambon
Baca Juga:   Program Kartu Olahraga Bojonegoro atau KPOB sudah dimulai, ini ketentuan mendaftar

Wilayah kecamatan ini memiiki luas 48,65 KM2 terdiri dari dataran rendah di sebelah utara dan perbukitan di sebelah selatan. Terdapat sebanyak 13.219 penduduk yang tersebar dalam kecamatan tersebut. Kecamatan Ngambon berbatasan langsung dengan Kecamatan Tambakrejo di sebelah Utara hingga Barat, Kecamatan Sekar di sebelah selataan, dan Kecamatan Ngasem di sebelah Timur.

  1. Kecamatan Sekar

Memiliki wilayah seluas 130,24 KM2 kecamatan Sekar terletak di bagian Selatan dari wilayah Pemerintahan Bojonegoro dengan kondisi Geografi berupa pegungngan, dengan penduduk sebanyak 30.179 jiwa, Kecamatan Sekar Berbatasan dengan Kecamatan Gondang di sebelah Timur, Kecamatan Ngambon di sebelah Utara, dan Kecamatan Tambakrejo di sebelah Barat.

  1. Kecamatan Gondang

Kecamatan tersebut berbatasan dengan Kecamatan Sekar di sebelah Barat, Kecamatan Bubulan dan Ngasem di sebelah Utara, Serta Kecamatan Temayang d sebelah Timur. Memiliki luas wilayah sebesar 107,01 KM2 dan penduduk sebanyak 28.075 jiwa, Kecamatan Gondang berada di bagian Selaan Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro.

  1. Kecamatan Bubulan

Memiliki wilayah seluas 84,73 KM2 dengan penduduk sebanyak 16.766 jiwa, Kecamatan Bubulan berbatassan dengan Kecamatan Dander di sebelah Utara, Kecamatan Ngasem di sebelah Barat, Kecamatan Gondang dan Kecamatan Temayang di sebelah Timur, serta Kecamatan Gondang di sebelah Selatan.

  1. Kecamatan Dander

Berbaasan dengan Kecamatan Bubulan di sebelah Selatan, Kecamatan Ngasem di sebelah barat, Kecamatan Bojonegoro di sebelah Utara, dan Kecamatan Kapas Di sebelah Utara. Memiliki wilayah seluas 147,21 KM2 dengan 46.383 jiwa.

  1. Kecamatan Bojonegoro

Kecamatan Bojonegoro juga sebagai pusat Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro memliki luas wilayah 25,71KM2 berbatasan dengan Kecamatan Dander di sebelah Selatan, Kecamatan Trucuk di sebelah Barat, dan Kecamatan Kapas berada di sebelah Selatan dan Timur.

  1. Kecamatan Kapas

Kecamatan Kapas, merupakan kecamatan yang berada di sebelah Timur Kecamatan Bojonegoro. Dengan luas wilayah sebesar 46,38 KM2 dan jumleh penduduk sebanyak 56.626 jiwa, kecamatan tersebu berbatasan dengan Kecamatan Sukeswu dan Dander di sebelah Selatan, Kecamatan Bojonegoro di sebelah Barat dan Utara, serta Kecamatan Balen di sebelah Timur.

  1. Kecamatan Sukosewu

Kecamatan yang memiliki luas sebesar 47,48KM2 dengan jumlah penduduk sebanyak 47.165 jiwa berbatasan dengan Kecamatan Dander di bagian Barat, Kecamatan Temayang dan Sugihwaras di bagian Selatan, Kecamatan Kedungadem di bagian Timur, dan Kecamatan Balen dan Kapas di bagian Utara.

  1. Kecamatan Temayang
Baca Juga:   Program Kartu Olahraga Bojonegoro atau KPOB sudah dimulai, ini ketentuan mendaftar

Berada di sisi sebelah Selatan, Kecamatan Temayang Memiliki luas sebesar 124,57 KM2 dengan jumlah penduduk sebanyak 40.654 jiwa dan berbatasan dengan Kecamatan Gondang dan Kabupaten Nganjuk di sebelah Selatan, Kecamatan Bubulan di sebelah Barat, Kecamatan Dander dan Sukosewu di sebelah Utara, dan Kecamatan Sugihwaras di sebelah Timur.

  1. Kecamatan Sugihwaras

Kecamatan yang merupakan Kawasan hutan dengan jarak mencapai 23 KM dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro yang berbatasan dengan, Kecamatan Sukosewu di sebelah Utara, Kabupaten Nganjuk di sebelah Selatan, Kecamatan Kedungadem di sebelah Timur, dan Kecamatan Temayang di sebelah Barat. Memiliki luas sebesar 87,15 KM2 dengan jumlah penduduk sebanyak 51.453 jiwa.

  1. Kecamatan Balen

Kecamatan dengan luas wilayah 60,52 KM2 ini memiliki penduduk sebanyak 70.678 jiwa, berbatasan dengan Kecamatan Sukosewu dan Sugihwaras di sebelah Selatan, Kecamatan Sumberejo di sebelah Timur, dan Kecamatan Kapas di sebelah Barat.

  1. Kecamatan Kedungadem

Kecamatan yang berada di ujung sebelah tenggara dari Kabupaten Bojonegoro ini berbatasan dengan Kecamatan sumberrejo, Kepohbaru dan Balen di sebelah Utara, Kecamatan sukorame Kabupaten Lamongan di sebelah Timur dan Selatan, serta Kecamatan Sugihwaras di bagian Barat, memiliki luas sebesar 145,15 KM2 dan jumlah penduduk sebanyak 91.341 jiwa.

  1. Kecamatan Sumberejo

Kecamatan denan luas sebesar 75,58KM2 ini memiliki 77.944 jiwa sebagai penduduk. Berbatasan langsung dengan Kecamatan Kedungadem di sebelah Selatan, Kecamaan Balen di sebelah Barat, Kecamatan Kepohbaru di sebelah Timur, dan Kecamatan Kanor di sebelah Utara.

  1. Kecamatan Kanor

Kecamtan Kanor ini memiliki luas sebesar 59,78 KM2 dengan jumlah penduduk sebanyak 65.943 jiwa dan berbatasan dengan kecamatan Balen di sebelah Barat, Kecamatan sumberejo di sebelah Selatan dan Kecamatan Baurenoo di bagian Timur.

  1. Kecamatan Baureno

Beadara di ujung tumir bagian Pemarintahan Kabupaten Bojonegoro, Kecamatan Baureno memliki luas wilayah sebesar 66,37 KM2 dengan jumlah penduduk sebanyak 87.700 jiwa. Berbatasan dengan Kecamatan Kepohbaru di sebelah Selatan, Kecamatan Sumberejo dan Kanor pada bagian Bara.

  1. Kecamatan KepohBaru

Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesarr 66,37 KM2 dengan jumlah penduduk sebanyak 72.691. kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Sumberejo di bagian Barat, Kecamatan Kedungadem di bagian Selatan dan Kecamatan Baureno di bagian Utara.