Scroll untuk baca artikel
Lifestyle

10 Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam, Ini Dia Rekomendasi Terbaiknya yang Wajib Dicoba

562
×

10 Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam, Ini Dia Rekomendasi Terbaiknya yang Wajib Dicoba

Sebarkan artikel ini
Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam
Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam

HULUHILIR.COMJika Anda mencari solusi untuk merawat kulit berminyak dan kusam, Anda berada di tempat yang tepat. Kulit yang berminyak dan kusam membutuhkan perhatian khusus agar tetap sehat dan bercahaya.

Dalam panduan ini, kami akan membahas segala hal tentang toner untuk kulit berminyak dan kusam, memberikan Anda wawasan tentang cara memilih toner yang sesuai, serta tips efektif dalam merawat kulit Anda. Mari kita mulai!

Rekomendasi Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam

1. COSRX BHA Blackhead Power Liquid

Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam
Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam

Toner ini mengandung BHA (Betaine Salicylate) 2% yang efektif membersihkan pori-pori tersumbat dan mengurangi minyak berlebih.

BHA adalah jenis asam salisilat yang dapat menembus lapisan kulit terdalam, sehingga dapat membersihkan pori-pori dari dalam. Toner ini juga dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi tampilan kusam.

2. Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam
Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam

Toner ini mengandung AHA, BHA, dan PHA yang bekerja secara sinergis untuk mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori-pori, serta menjaga kelembapan kulit.

AHA adalah jenis asam alfa hidroksi yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada lapisan luar kulit.

BHA adalah jenis asam beta hidroksi yang dapat menembus lapisan kulit terdalam, sehingga dapat membersihkan pori-pori dari dalam.

PHA adalah jenis asam polihidroksi yang memiliki ukuran molekul lebih besar daripada AHA dan BHA, sehingga memiliki efek yang lebih lembut.

3. La Roche-Posay Effaclar Purifying Foaming Toner

Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam
Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam

Toner ini bebas alkohol dan diformulasikan khusus untuk kulit berminyak dan sensitif. Toner ini membantu membersihkan minyak berlebih, mengecilkan pori-pori, dan menenangkan kulit tanpa membuat kering.

Toner ini mengandung kandungan aktif Niacinamide yang dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi tampilan kusam.

4. Cetaphil Oily Skin Clarifying Toner

Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam
Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam

Toner ini bebas minyak dan alkohol yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Toner ini mengandung ekstrak Witch Hazel yang membantu mengecilkan pori-pori dan mengontrol minyak, serta ekstrak Aloe Vera yang menenangkan kulit.

5. The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution

Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam
Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam

Toner ini mengandung AHA (Glycolic Acid) 7% yang efektif mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit, dan mengurangi tampilan kusam.

Glycolic Acid adalah jenis asam alfa hidroksi yang memiliki ukuran molekul terkecil, sehingga memiliki efek yang paling kuat. Toner ini tidak disarankan untuk kulit sensitif.

6. Paula’s Choice 2% BHA Liquid Exfoliant

Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam
Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam

Toner ini mengandung BHA (Salicylic Acid) 2% yang efektif membersihkan pori-pori, mengurangi minyak berlebih, dan mengatasi komedo. Toner ini cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat yang tidak terlalu sensitif.

7. Benton BHA Aloe Toner

Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam
Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam

Toner ini lembut dengan kandungan BHA (Betaine Salicylate) yang membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi minyak berlebih tanpa membuat kulit kering. Toner ini mengandung ekstrak Aloe Vera yang menenangkan dan menghidrasi kulit.

8. Pyunkang Yul Essence Toner

Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam
Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam

Toner ini melembapkan dan menghidrasi yang cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak dan kusam.

Baca Juga:   Apa Bedanya Toner dan Micellar Water, Mana yang Lebih Baik untuk Kulitmu?

Toner ini mengandung ekstrak Centella Asiatica yang menenangkan kulit dan membantu memperbaiki tekstur kulit.

9. Isntree Fresh Green Tea Comforting Toner

Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam
Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam

Toner ini menyegarkan dengan kandungan ekstrak Green Tea yang kaya antioksidan dan membantu mengontrol minyak berlebih. Toner ini cocok untuk kulit berminyak dan kombinasi yang membutuhkan hidrasi ringan.

10. Dear Klairs Supple Preparation Facial Toner

Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam
Toner untuk Kulit Berminyak dan Kusam

Toner ini melembapkan dan menyeimbangkan pH kulit yang cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak dan kusam. Toner ini membantu mempersiapkan kulit untuk penyerapan skincare selanjutnya.

Mengapa Toner Penting untuk Kulit Berminyak dan Kusam?

Toner sangat penting bagi kulit berminyak dan kusam karena memiliki beberapa manfaat yang signifikan.

Untuk kulit berminyak, toner membantu menyeimbangkan produksi minyak alami kulit. Ini berarti toner dapat membantu mengurangi kelebihan minyak yang sering kali menyebabkan kilap berlebihan dan masalah lainnya pada kulit berminyak.

Selain itu, toner juga membantu membersihkan sisa-sisa kotoran dan residu lain yang mungkin tidak terangkat dengan baik oleh pembersih wajah saja.

Bagi kulit berminyak yang rentan terhadap komedo dan jerawat, toner bisa membantu membersihkan pori-pori secara lebih efektif, mengurangi kemungkinan terjadinya sumbatan pori, dan mengurangi risiko terbentuknya jerawat.

Sementara itu, bagi kulit kusam, toner dapat menjadi elemen penting dalam proses pengangkatan sel-sel kulit mati.

Hal ini membantu mempercepat regenerasi kulit, membuat kulit terlihat lebih cerah dan bercahaya.

Toner juga dapat membantu menyegarkan kulit serta mempersiapkannya untuk menerima nutrisi dari produk perawatan kulit lainnya.

Dengan kata lain, toner bukan hanya membersihkan kulit secara menyeluruh, tetapi juga membantu mengatur keseimbangan minyak, mengangkat sel-sel kulit mati, dan mempersiapkan kulit untuk menyerap manfaat dari produk perawatan kulit lainnya.

Ini membuat toner menjadi bagian yang sangat penting dalam perawatan kulit, terutama bagi mereka yang memiliki masalah dengan kulit berminyak dan kusam.

Memilih Toner yang Tepat untuk Kulit Berminyak dan Kusam

Memilih toner yang tepat bagi kulit berminyak dan kusam merupakan langkah penting dalam perawatan kulit Anda.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan agar Anda dapat memilih toner yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Pertama-tama, perhatikanlah bahan-bahan yang terkandung dalam toner tersebut. Untuk kulit berminyak, pilihlah toner yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat atau witch hazel.

Bahan-bahan tersebut membantu mengontrol produksi minyak berlebih dan membersihkan pori-pori tanpa menyebabkan iritasi.

Sementara itu, untuk kulit kusam, toner dengan kandungan vitamin C atau ekstrak buah-buahan dapat membantu mencerahkan dan menyegarkan kulit.

Selanjutnya, pastikan toner yang dipilih tidak mengandung alkohol dalam konsentrasi tinggi. Alkohol dalam kadar tinggi dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi, terutama pada kulit yang cenderung berminyak.

Lebih baik memilih toner yang memiliki formula lembut, non-comedogenic, dan hypoallergenic agar tidak menyebabkan masalah baru pada kulit.

Selain itu, pilihlah toner yang memiliki kandungan hydrating (melembapkan) untuk membantu menjaga kelembapan kulit.

Meskipun kulit berminyak, namun kelembapan tetap penting untuk menjaga keseimbangan kulit sehingga tidak terjadi produksi minyak yang berlebihan sebagai respons terhadap kekeringan.

Baca Juga:   8 Toner untuk Kulit Sensitif dan Bruntusan, Wajah Cerah dan Lembut dalam 7 Hari!

Dalam pemilihan toner, perhatikan juga testimoni atau ulasan dari pengguna lain yang memiliki jenis kulit yang sama atau memiliki masalah yang serupa dengan Anda.

Pengalaman mereka dapat memberikan wawasan yang berguna dalam memilih produk yang cocok dan efektif untuk kulit berminyak dan kusam.

Memilih toner yang tepat merupakan langkah penting dalam merawat kulit berminyak dan kusam Anda.

Dengan memperhatikan bahan-bahan, formula, dan ulasan pengguna, Anda dapat menemukan toner yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Cara Penggunaan Toner yang Efektif

Cara penggunaan toner yang efektif dapat berperan penting dalam meningkatkan manfaat yang diperoleh untuk kulit berminyak dan kusam Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk menggunakan toner dengan efektif:

1. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Sebelum mengaplikasikan toner, pastikan wajah Anda bersih dari kotoran dan sisa makeup. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk membersihkan secara menyeluruh.

2. Tuangkan Toner ke Kapas atau Tangan

Ambil toner secukupnya dengan menuangkan ke kapas atau telapak tangan dengan lembut. Pastikan tidak menggunakan terlalu banyak toner agar tidak terbuang percuma.

3. Aplikasikan dengan Lembut

Usapkan toner ke seluruh wajah secara lembut dengan gerakan ke atas, menghindari area sekitar mata. Gunakan kapas atau telapak tangan untuk meratakan toner secara merata tanpa memberikan tekanan berlebih.

4. Tepuk-Tepuk Ringan

Setelah mengaplikasikan toner, tepuk-tepuk secara ringan pada wajah. Tepukan ringan ini membantu toner meresap lebih baik ke dalam kulit.

5. Tunggu Hingga Meresap

Berikan waktu beberapa saat untuk toner meresap ke dalam kulit sebelum melanjutkan dengan langkah perawatan kulit lainnya seperti serum atau pelembap.

6. Gunakan Secara Rutin

Gunakan toner secara rutin, biasanya pagi dan malam hari setelah membersihkan wajah. Konsistensi dalam penggunaan toner dapat membantu kulit mendapatkan manfaat yang lebih optimal.

7. Hindari Penggunaan Berlebihan

Meskipun toner memiliki manfaat yang baik, penggunaan berlebihan bisa membuat kulit teriritasi. Gunakan jumlah yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Tips Tambahan Merawat Kulit Berminyak dan Kusam

Terdapat beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda merawat kulit berminyak dan kusam dengan lebih efektif. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Rutin Membersihkan Wajah

Jaga kebersihan wajah dengan membersihkannya secara teratur, terutama saat bangun tidur dan sebelum tidur.

Gunakan pembersih yang cocok untuk kulit berminyak agar sisa-sisa minyak dan kotoran terangkat dengan baik.

2. Gunakan Pelembap Ringan

Meskipun memiliki kulit berminyak, penggunaan pelembap tetap penting. Pilihlah pelembap dengan formula ringan yang tidak menyumbat pori-pori dan dapat memberikan kelembapan tanpa meninggalkan rasa lengket.

3. Penggunaan Produk Non-Comedogenic

Perhatikan label produk yang Anda gunakan, pastikan produk tersebut non-comedogenic yang artinya tidak akan menyebabkan penumpukan di pori-pori yang berujung pada jerawat.

Baca Juga:   Toner yang Efektif untuk Mengatasi Flek Hitam Membandel, Mencerahkan Wajah, dan Mengurangi Kerutan

4. Gunakan Sunscreen

Lindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari dengan menggunakan sunscreen secara rutin. Kulit yang terlindungi dari sinar UV akan lebih terjaga dari kerusakan dan penuaan dini.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Pola makan yang sehat juga berpengaruh pada kondisi kulit. Konsumsilah makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti buah-buahan dan sayuran untuk membantu memperbaiki kondisi kulit dari dalam.

6. Hindari Sentuhan Wajah yang Berlebihan

Hindari menyentuh wajah terlalu sering karena bisa memindahkan kotoran dan minyak dari tangan ke wajah. Ini bisa menyebabkan iritasi dan masalah kulit lainnya.

7. Jaga Kelembapan

Selain menggunakan toner, pastikan kulit tetap terhidrasi dengan cukup minum air setiap hari. Kelembapan yang cukup akan membantu menjaga keseimbangan produksi minyak pada kulit.

Merawat kulit berminyak dan kusam bukanlah hal yang sulit jika Anda memahami kebutuhan kulit Anda.

Dengan memilih toner yang tepat dan menerapkan perawatan yang baik, Anda dapat memiliki kulit yang sehat dan bercahaya.

FAQ

1. Apa fungsi toner untuk kulit berminyak dan kusam?

Toner berfungsi untuk:

  • Membersihkan wajah dari sisa kotoran dan makeup yang masih tertinggal setelah mencuci muka.
  • Menyeimbangkan pH kulit setelah mencuci muka.
  • Membantu melembapkan kulit.
  • Mencerahkan kulit.
  • Mengontrol produksi minyak berlebih.

2. Apa jenis toner yang cocok untuk kulit berminyak dan kusam?

Jenis toner yang cocok untuk kulit berminyak dan kusam adalah toner yang mengandung bahan-bahan berikut:

  • Hyaluronic acid. Bahan ini dapat membantu melembapkan kulit tanpa membuat kulit menjadi lebih berminyak.
  • Glycolic acid. Bahan ini merupakan jenis asam alfa hidroksi (AHA) yang dapat membantu mengeksfoliasi kulit dan mencerahkan kulit.
  • Salicylic acid. Bahan ini merupakan jenis asam beta hidroksi (BHA) yang juga dapat membantu mengeksfoliasi kulit dan mengontrol produksi minyak berlebih.
  • Niacinamide. Bahan ini dapat membantu mencerahkan kulit dan mengontrol produksi minyak berlebih.

3. Bagaimana cara memilih toner untuk kulit berminyak dan kusam?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih toner untuk kulit berminyak dan kusam:

  • Jenis kulit. Pilihlah toner yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak dan kusam.
  • Kandungan bahan. Pilihlah toner yang mengandung bahan-bahan yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.
  • pH. Pilihlah toner yang memiliki pH yang mendekati pH kulit, yaitu 4,5-5,5.
  • Tekstur. Pilihlah toner yang memiliki tekstur yang ringan dan tidak lengket.

4. Bagaimana cara menggunakan toner untuk kulit berminyak dan kusam?

Berikut adalah cara menggunakan toner untuk kulit berminyak dan kusam:

  • Bersihkan wajah dengan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
  • Tuangkan toner secukupnya ke kapas.
  • Usapkan kapas yang sudah diteteskan toner ke seluruh wajah, termasuk leher dan area T-zone.
  • Tepuk-tepuk wajah dengan lembut untuk membantu toner meresap ke dalam kulit.

5. Berapa kali sehari toner digunakan untuk kulit berminyak dan kusam?

Toner dapat digunakan dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari.