Scroll untuk baca artikel
Otokita

6 Indikator Penting di Panel Spedometer Mobil, Ketahui Artinya

698
×

6 Indikator Penting di Panel Spedometer Mobil, Ketahui Artinya

Sebarkan artikel ini

Setiap indikator memiliki arti sendiri

Arti Indikator Spedometer
Sumber: Pixels

Arti Indikator Spedometer – Pentingnya adanya indikator adalah untuk mengetahui keadaan sebuah mobil secara dini. Beberapa indikator yang menyala tersebut merupakan tanda untuk kita bahwa ada yang bermasalah dalam mobil tersebut.

Sering kali kita bingung dan tidak tahu arti kenapa lampu indikator tersebut menyala yang membuat mobil menjadi tidak normal. Berikut beberapa indikator yang umum dan mudah untuk membantu kita dalam mengetahui kondisi mobil.

Arti Indikator Spedometer
Arti Indikator Spedometer

Arti Indikator Spedometer

1. Indikator suhu

Indikator ini biasa terdapat pada panel instrumen yang ada dispedometer. Indikator ini berupa sebuat termometer suhu atau jarum pengukur antara C (cold) hingga H (hot). Jika indikator ini menyala atau menampilkan suatu yang tidak normal maka sebaiknya kamu menghentikan mobilmu sebab hal tersebut menandakan mobil dalam keadaan overheat atau panas berlebih. Cek seluruh sistem pendinginan coolant apakah ada mengalami kebocoran atau hal yang tidak normal lainnya.

2. Indikator Oli

Indikator ini memilii bentuk yang menyerupai suatu alat pengisian dengan satu titik tetesan. Jika indikator ini menyala merah saat mobil kamu dalam keadan menyala, maka kamu harus waspada dan segera cek bagian pelumas oli mesin. Biasanya indikator ini menyala disebabkan oleh kurangnya kapasitas oli hingga oli yang tidak memutar dalam mesin. Selalu cek kapasitas oli jangan sampai dibawah titik rendah yang di anjurkan.

Baca Juga:   Pengertian dan Cara Membersihkan Injektor Mobil Dengan Mudah

3. Indikator mesin (Engine)

Indikator ini berbentuk melamangkan sebuah mesin yang memiliki peran penting dalam kondisimobil kamu. Bila indikator ini menyala berwana kuning, kamu tidak bisa menebak-nebak atau menduga bagian mana yang rusak. Sebab harus dilakukannya scanning pada mobil kamu dengan mekanik yang proposional.

4. Indikator Rem

Berbentuk simbol tanda seru di dalam sebuah tanda kurung indikator memiliki dua fungsi penanda, selain sebagai tanda bahwa remtangan sedang digunakan, indikator ini juga sebagai tanda bahwa cairan rem dalam keadaan kurang atau kosong. segera cek kapasitas minyak rem dan tambah minyak rem sesuai batas atas dengan spesifikasi minyak yang dianjrkan.

5. Indikator Batrai (Accu)

Berlambang sebuat batrai dengan tanda plus dan minus, indikator ini memiliki peran dalam kondisi sitem kelistrikan yang ada dalam mobil kamu. Jika indikator ini menyala merah maka ada yang tidak normal dalam accu kamu, segera cek mungkin accu kamu sedang kekurangan sir atau sistem pengisian listrik (alterator) sedang dalam kondisi yang tidak baik atau rusak.

6. Indikator Bensin

Indikator ini sudah umum bagi kita, berbentuk seperti pompa penisian bahan bakar, indikator ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk menandakan bahwa kamu harus segera melakuan pengisian bensin sebab kapasitas bensin kamu telah menipis atau bahkan telah habis.

Baca Juga:   4 Manfaat Memanaskan Mesin Mobil

Manfaat Mengerti Indikator Spedometer

Baca juga: 6 Hal Yang Wajib Diperhatikan Saat Mengendarai Mobil Bermuatan Penuh

Indikator spedometer adalah alat yang menunjukkan kecepatan kendaraan dalam satuan kilometer per jam. Memahami indikator spedometer memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

1. Keselamatan

Memahami indikator spedometer dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan. Mengemudi pada kecepatan yang aman dan sesuai dengan batas kecepatan yang ditetapkan dapat membantu menghindari kecelakaan.

2. Efisiensi bahan bakar

Indikator spedometer juga dapat membantu Anda menghemat bahan bakar kendaraan. Mengemudi pada kecepatan yang terlalu tinggi dapat mengurangi efisiensi bahan bakar dan memperpendek umur kendaraan.

3. Kepatuhan hukum

Memahami indikator spedometer juga dapat membantu Anda mematuhi hukum lalu lintas. Kecepatan kendaraan biasanya memiliki batas yang ditetapkan oleh undang-undang dan pengemudi harus mematuhi batas kecepatan tersebut.

4. Memperkirakan waktu tiba

Indikator spedometer juga dapat membantu Anda memperkirakan waktu tiba di tujuan. Dengan memahami kecepatan kendaraan Anda, Anda dapat menghitung waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan Anda.

5. Menghindari pelanggaran

Mengemudi terlalu lambat juga bisa mengganggu lalu lintas dan bahkan dapat menyebabkan pelanggaran. Dengan memahami indikator spedometer, Anda dapat menghindari mengemudi terlalu lambat dan menghambat lalu lintas.

6. Memperpanjang umur kendaraan

Memahami indikator spedometer juga dapat membantu memperpanjang umur kendaraan Anda. Mengemudi pada kecepatan yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan kerusakan pada mesin kendaraan.

Baca Juga:   Pengertian dan Cara Membersihkan Injektor Mobil Dengan Mudah

Dampak Tidak Mengerti Indikator Spedometer

Tidak memahami indikator spedometer pada kendaraan dapat berdampak negatif pada keselamatan berkendara. Beberapa dampak yang mungkin terjadi antara lain:

1. Kecelakaan

Jika Anda tidak memahami indikator spedometer, Anda mungkin tidak menyadari seberapa cepat kendaraan Anda bergerak. Hal ini dapat menyebabkan kecelakaan jika Anda mengemudi terlalu cepat atau terlalu lambat.

2. Pelanggaran lalu lintas

Tidak memahami indikator spedometer juga dapat membuat Anda tidak mematuhi batas kecepatan yang ditetapkan oleh undang-undang. Ini dapat menyebabkan Anda mendapatkan tiket atau bahkan kehilangan izin mengemudi.

3. Pemakaian bahan bakar yang boros

Jika Anda tidak memahami indikator spedometer, Anda mungkin tidak dapat mengendalikan kecepatan kendaraan dengan efektif. Hal ini dapat menyebabkan pemakaian bahan bakar yang lebih boros dan mempercepat kerusakan pada kendaraan.

4. Kehilangan nilai kendaraan

Jika Anda tidak memahami indikator spedometer dan mengemudi terlalu cepat atau terlalu lambat, kendaraan Anda mungkin lebih rentan mengalami kerusakan. Hal ini dapat menyebabkan nilai kendaraan menurun karena kerusakan atau pemakaian yang tidak tepat.