Scroll untuk baca artikel
HeadlineOtokita

4 Manfaat Memanaskan Mesin Mobil

355
×

4 Manfaat Memanaskan Mesin Mobil

Sebarkan artikel ini

Mobil lebih siap

Sumber : Wikipedia/Timor

Memaskan mesin mobil masih menjadi kebiasan yang melekat pada sebagian pemilik mobil di Indonesia. Walau ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa mobil canggih saat ini tidak perlu dipanasi saat ingin digunakan.

Namun faktanya ada beberapa manfaat bila kamu melakukan pemanasan pada mesin mobil kamu. Berikut penjelasannya.

1. Mobil Lebih Siap Dikendarai

Manfaat yang paling simpel adalah membuat mobil menjadi lebih siap untuk dikendarai. Bila kamu melakukan pemanasan mobil saat akan bepergian sama halnya kamu melakukan pemanasan sebelum melakukan aktifitas agar selama aktifitas tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu Pemanasan mesin mobil sebelum bepergian juga dapat menjadi deteksi dini bila mobil kamu sedang ada masalah.

Baca Juga:   Spesifikasi E-Scooter AXGM, Punya Tiga Roda

2. Menjaga Sirkulasi Cairan

Di dalam mesin mobil terdapat dua cairan utama yakni air radiator dan oli. Cairan ini bila mobil dibiarkan terlalu lama akan cenderung mengendap dibagian bawah. Untuk itu memanaskan mobil sebelum digunakan akan membuat cairan tersebut melumasi kebagian-bagian sela mesin terlebih di bagian atas.

3. Menjaga Kelistrikan

Sistem kelistrikan pada mobil juga memiliki peran yang cukup penting. Lakukan penamasan pada mobilmu sebelum digunakan agar aliran listrik dapat bersirkulasi dari alternator ke aki dan mesin dengan baik.

4. Mencegah Flat Tyre

Hal ini akan terjadi bila mobil kamu tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama. Bagi kamu yang memilliki mobil yang jarang dipakai dan hanya dipanaskan digarasi. Sesekali ajak mobilmu untuk berjelanan minimal keliling komplek agar beban ban dapat terbagi dengan semestinya.