Scroll untuk baca artikel
HeadlineOtokita

Musim Hujan, Ini 5 Langkah Mudah Cek Wiper Mobil

487
×

Musim Hujan, Ini 5 Langkah Mudah Cek Wiper Mobil

Sebarkan artikel ini

Nyaman berkendara

Wiper mobil/sumber: pixabay

Memasuki musim hujan sebagai pemilik mobil kamu juga harus sering mengecek kondisi sistem wiper kamu secara berkala. Tidak hanya mesin saja yang perlu dicek.

Wiper memiliki fungsi yang sangat penting untuk menyapu kotoran dan air saat hujan datang. Jangan sampai saat berkendara dan saat hujan, wiper tidak dapat berfungsi dan akan mengganggu perjalanan.

Berikut beberapa langkah mudah untuk pengecekan sistem wiper kamu.

1. Cek Kondisi Bilah wiper

Bilah wiper ini adalah suatu bagian yang memiliki kontak langsung dengan kaca. Terbuat dari karet dan besi tentu saja bagian ini memiliki umur masa penggunaan. Lakukan pengecekan apakah karet dalam bilah tesebut masih lentur dan bagus atau sudah getas dan layaknya dilakukan pergantian.

Baca Juga:   4 Bahaya Minyak Rem Pada Kendaraan Kurang

2. Cek Arm Wiper

Arm Wiper ini berfungsi sebagai penggerak arah sapuan ilah wiper dan membantu bilah untuk lebih menekan ke kaca, Bagian ini digerakkan oleh sebuah motor dinamo. Lakukan pengecekan dan bila bilah wiper kurang menekan kekaca kemungkinan arm wiper perlu diganti.

3. Cek Dinamo

Pergerkan dari wiper sendiri dilakukan oleh oleh sebuah dinamo motor yang berada disalah satu ujung bagian arm wiper. Cek dengan menyalakan wiper beberapa saat bila terjadi hal yang tidak baik maka dinamo tersebut perlu dilakukan perbaiikan.

4. Cek Tabung Washer

Tabung Washer adalah sebuah tabung berisikan air. Pastikan tabung tersebut dalam kondisi baik dan tidak ada kebocoran baik dari tabung ataupun saluran yang menuju ke washer.

Baca Juga:   5 Penyebab Stir Mobil Terasa Berat

5. Cek Motor Washer Pump

Motor Washer Pump ini berfungsi sebagai alat yang menyemprotkan air dari tabung ke kaca bagian depan atau belakang. Cek apakah bagian ini berfungsi dengan normal, bila tidak segera lakukan pergantian.

Semoga bermanfaat ya, berkendara makin nyaman meski saat musim hujan.