Scroll untuk baca artikel
Otokita

Mengapa Harus Menggunakan Coolant pada Radiator? Ini 5 Alasannya

256
×

Mengapa Harus Menggunakan Coolant pada Radiator? Ini 5 Alasannya

Sebarkan artikel ini

Agar Tak Berkarat

Ilustrasi Coolant

Pengguna dan pemilik kendaraan sangat diwajibkan banyak tahu tentang kendaraan, baik mobil maupun motor. Dengan tujuan agar dapat mengetahui tentang kondisi kendaraan serta apa yang harus dilakukan ketika kita sedang mengalami masalah.

Selain itu, kita juga diharuskan tahu tentang spesifikasi sperepart yang dapat digunakan untuk kendaraan. Agar membuat kinerja mobil lebih optimal.

Begitu pula dengan cairan radiator, walau bisa kita isi dengan air biasa, namun pabrikan kendaraan terkini sangat melarang penggunaan air dan lebih menyarankan untuk menggunakan cairan coolant.

Mengapa demikian? Mari kita simak alasan penggunan coolant untuk kendaraan kita.

1. Mudah dan Murah

Baca Juga:   Bocoran Spesifikasi Honda SUV RS yang Segera Diluncurkan

Air coolant ssat ini memang banyak sekali tersedia di pasaran dengan beragam merek dan ukuran, tak kan kesulitan kita bilamana mencari air coolant pada bengkel sperepart terdekat.

Memang akan lebih murah air bening daripada kita membi air coolant, namun dengan keungguln manfaat yang didapat tentunya air coolant akan menjadi lebih efektif untuk digunakan.

2. Mengandung Bahan Kimia Khusus

Dengan melewati proses deionisasi dan demineralisasi tentunya membuat air coolant berbeda dengan air bening biasa yang masih mengandung mineral yang dapat menimbulkan kerak pasa radiator.

3. Tahan Panas

Memiliki kandungan propylene yang membuat coolant memiliki tingkat didih yang lebih tinggi dan juga tingkat beku yang lebih rendah daripada air biasa. Kandungan kimia tersebut juga mengakibatkan air coolant tidak mudah menguap yang membuat volume air diradiator tidak banyak berkurang.

Baca Juga:   4 Kebiasaan Mengemudi yang Bisa Merusak Kopling Mobil

4. Tidak Menyebabkan Kerak

Air bening biasa akan lama kelamaan akan meninggalkan kerak yang disebabkan oleh kandungan kalsium yang ada dan dapat berdapak buruk untuk sirkulasi air dalam radiator. Berbeda dengan air coolant yang telah melewati tahapan kimiawi yang akan mencegah timbulnya kerak pada kemudian hari.

5. Anti Karat

Ada kandungan kimia dalam air coolant yang tidak akan menimbulkan karat pada radiator kendaraanmu, Formula ini menjaga elatisitas karet seal yang ada pada tutup radiato ataupun pompa radiato dan menjaga agar bekerja secara optimal dalam jangka waktu yang lama.