oleh

4 Tanda Tutup Radiator Rusak, Perlu Segera Diperbaiki

Bisa sebabkan overheat

-Headline, Otokita-1680 Dilihat

Fungsi dari tutup radiator tak hanya sebagai penutup saja. Lebih dari itu tutup radiator harus kuat dari tekanan suhu dari air radiator, dan juga sebagai pengatur air radiator ke tempat reservoir atau sebaliknya.

Bila tutup radiator tersebut rusak tentunya akan mengganggu dari kinerja dan akan menjadikan gangguan pada bagian mesin. Berikut beberapa ciri dari tutup radiator yang mengalami kerusakan.

1. Katup Vacum Valve Pecah

katup ini yeng memiliki peran penting mengatur pergantian air ke tabung reservoir. Saat terjadi kerusakan pada bagian ini maka vacum valve akan menutup rapat dan membuat air tetap tertahan dalam radiator karena tidak bisa terbuang ketabung reservoir, yang nantinya membuat mesin menjadi overheat.

2. Karet Pada Katup Pressure Valve Pecah

Terdapa sebuah karet dalam komponen tutup radiator bila karet tersebut getas bahkan rusak maka tutup radiator memiliki tekanan yang lemah dan air akan mudah untuk keluar dari dalam bagian radiator.

3. Mesin Mengalami Overheat

Tanda pada kerusakan radiator adalah terjadinya panas berlebih atau overheat pada mesin mobil. Hal yang biasanya menjadi pemicu kerusakan adalah rusaknya bagian tutup dari radiator tersebut.

4. Air Radiator Cepat Habis

Perlu diketahui tutup radiator juga memiliki masa usia pakai sebab pada tutup radiator tersebut terdapat komponen yang berfungsi sebagai katub buka tutup yang mengeluarkan dan menghisap air dari tabung reservoir atau sebaliknya. Bila komponen tersebut telah lemah bisa saja air dalam radiator selalu terbuang akibat tekanan yang tinggi dan sistem vakum tidak mempu menyedot kembali.