5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berkendara di Jalan Tol

Tetap fokus dan patuhi rambu

oleh

Mengemudi adalah suatu kegiatan kita untuk berpindah dari tempat satu ketempat lain dengan suatu kendaraan salah satunya mobii. Saat berkendara kita melewati beragam jenis jalan dan suasana lalulintas didalamnya.

Dirancang sebagai jalan bebas hambatan, jalan tol memudahkan penggunannya untuk mencapai tujuan dengan cepat dan memangkas waktu lebih singkat. Namun tahukan kamu ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kita melewati atau berada dijalan bebas hambatan tersebut.

1. Pastikan Saldo Cukup

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah saldo e-money sebagai alat pembayaran tol harus cukup untuk kebutuhan pembayaran disaat menggunakan jalan tol. Bila hal kamu mengalami kekurangan dalam saldo e-money nantinya kamu akan mengalami kerepotan saat melakukan transaksi digardu pembayaran.

Baca Juga:   Cara Merawat dan 3 Tanda Karet Pintu Mobil Harus Diganti

2. Jaga Kecepatan

Sebagai jalan bebeas hambatan bukan serta merta kamu dapat memacu kedaraan sesuaka hatimu. Ada batas aturan maksimal tersendiri dibeberapa ruas jalan tol yang harus kamu patuhi, sebab aturan batas maksimal tersebut telah diperhitungkan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

3. Jaga Jarak Aman

Kecelakaan beruntun dijalan tol sering terjadi akibat dari kurangnya kesadaran untuk menjaga jarak aman antar kendaraan. Sebaiknya gunakan metode tiga detik jarak dari kendaraan didepanmu agar bila saat terjadi pengereman mendadak kamu dapat melakukan reflek yang tepat.

4. Gunakan Lajur yang Sesuai

Terdiri dari beberapa lajur ternyata memiliki kegunaan pemakaian tersendiri. Sering diperingatkan dalam rambu lalu lintas bahwa gunakan lajur kanan hanya untuk mendahului, lajur kiri untuk bus dan truk, serta bahu jalan untuk keadaan darurat. Gunakan lajur tersebut dengan bijak sehingga tidak membahayanmu maupun pengendara lain.

Baca Juga:   4 Tips Memilih Baby Car Seat agar Aman Sepanjang Perjalanan

5. Kontrol Emosi

Share