Scroll untuk baca artikel
HeadlineKabarOtokita

5 Resiko Ban Kendaraan Dibiarkan Kempes

204
×

5 Resiko Ban Kendaraan Dibiarkan Kempes

Sebarkan artikel ini

jangan acuh

Ban adalah suatu komponen yang harus sering kali kita periksa. Sebagai pemilik kendaraan memperhatikan kondisi ban secara dini merupakan sebuah keharusan. Sering kali para pemilik abai atau tida acuh terhadap kondisi ban terlebih saat ban mengalami kekurangan tekanan udara. Ban yang mengalami tekanan udara yang kurang akan menimbulkan beberapa kerugian dan bahaya yang menghantui bila hal ini terus dibiarkan terjadi. berikut efek bahaya bila kita membiarkan ban dalam kondisi kuranng tekanan udara

1. Kendaraan Sulit Dikendalikan

Kondisi ban yang tidak baik apalagi ban yang kempes membuat permukaan ban lebih banyak mencengkram jalanan membuatnya lebih sulit dan berat saat dikendalikan. Hal ini membuat rasa berkendara menjadi terganggu apalagi saat berbelok sehingga dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Baca Juga:   Menyiram Cakram Bersuhu Tinggi, Apakah Boleh?

2. Ban Menjadi Tidak Rata

Kondisi ban yang lama dibiarkan kempis dapat mengakibatkan permukaan ban menjadi tidak rata. Akibatnya ban menjadi tidak bundar secara merata yang membuat kekuatan ban menurun serta mengganggu kenyamanan saat kendaraan dijalankan.

3. Ban Cepat Botak

Selain tidak rata ban yang dibiarkan kempis dalam waktu yang lama dapat membuat kondisi ban cepat botak. Hal ini bisa terjadi sebab saat ban kempis maka permukaan baikan tengah akan sedikit terangkat sehingga saat kndaraan berjalan ban hanya akan memakan bagian samping yang biasanya lebih tipis sehingga ban lebih cepat aus.

4. Ban Mudah Pecah

Kuranga tekana udara dalam ban juga akan menngakibtkan ban lebih mudah pecah hal ini bisa terjadi akibat kondisi ban yang tak bisa menahan beban kendaraan yang tidak dibantu dari tekanan udara yang cukup dan dapatt menimbulkan luka dan robekan pada sisi dinding ban kendaraan.

Baca Juga:   4 Alasan Berkendara Motor Harus Menggunakan Helm SNI

5. Kendaraan Menjadi Boros

Bila kamu merasa kendaraanmu lebih boros dari biasanya. Lakukan pengecekan terlebih dahulu tekanan pada ban. Bila kondisi ban kurang tekanan maka kendaraan akan menngeluarkan tenaga yang lebih aga bisa berjalan hal tersebut dapat mengakibatkan kendaraan menjadi lebih boros.