Scroll untuk baca artikel
HeadlineWisata

18 Tempat wisata hits di Lamongan, WBL hingga sumber air panas Brumbung

460
×

18 Tempat wisata hits di Lamongan, WBL hingga sumber air panas Brumbung

Sebarkan artikel ini

Cocok jadi tempat liburan keluarga

Sumber: lamongantourism.com/

Lamongan memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan dan keunikan tersendiri. Banyak orang yang belum mengetahui betapa indahnya pesona yang dimiliki oleh Kabupaten Lamongan. Mulai dari pantai, spot foto, hingga wisata yang memiliki sejarah yang unik ada di sini.

Jika ingin menikmati hari libur dan berada di sekitaran Lamongan, tak usah bingung, sebab Lamongan menawarkan cukup banyak destinasi wisata dengan pesona alam yang luar biasa.

Ingin tahu tempat wisata hits di Lamongan apa saja? berikut diantaranya.

1. Wisata Edukasi Gondang Outbound

Sumber: lamongantourism.com

Wisata Edukasi Gondang Outbound (WEGO) terletak di Jalan Raya Waduk Gondang, Juwet Deketagung, Sugio, Lamongan.

Objek wisata ini memiliki ikon pesawat jenis Boeing 737 ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari kolam renang hingga spot foto didalam kabin pesawat.

2. Masjid Agung Lamongan

Sumber: masjidagunglamongan.com

Desain masjid ini memiliki keunikan tersendiri. Masjid Agung Lamongan masih melestarikan kearifan lokal, di mana arsitektur masjid ini bercungkup bersusun tiga. Arsitektur ini memiliki arti keselarasan antara islam dengan budaya Nusantara.

Masjid Agung Lamongan ini terletak di Jalan Kyai H. Hasyim Ashari No.16, Tumenggungan, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan.

3. Wisata Bahari Lamongan

Sumber: wisatabaharilamongan.com

Wisata ini bertempat di Paciran, Kabupaten Lamongan. Wisata Bahari Lamongan (WBL) memiliki keunggulan wisata seperti Gua Insectarium, Anjungan Wali Songo, Paus Dangdut, Rumah Kaca, Tembak Ikan, Texas City, Space Shuttle, dan Istana Bawah Laut.

Baca Juga:   Pesona Goa Suci di Tuban, sudah ada sejak era Majapahit dan jadi primadona fotografer

4. Makam Sunan Drajat

Sumber: cagarbudaya.kemdikbud.go.id/

Bagi yang menyukai liburan dengan nuansa religi, Lamongan juga memiliki tempat wisata religi. Salah satunya yang terkenal adalah Makan Sunan Drajat ini. Berlokasi di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan.

5. Desa Sendang Duwur

Sumber: cagarbudaya.kemdikbud.go.id/

Di Desa Sendang Duwur memiliki makam Sunan Sendang Duwur. Jika ingin berwisata religi selain Makam Sunan Drajat, bisa datang ke Jalan Sunan Kalijaga, Sendangduwur, Kecamatan Paciran, Lamongan. Di sini juga terdapat mata air Lidah Mbah Wali dan masjid hadiah Ratu Kalinyamat.

6. Pemandian Air Panas Brumbung

Sumber: youtube

Tempat wisata ini sangat cocok untuk bersantai dengan keluarga. Di sini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah sebab masih memiliki kesan yang alami. Pemandian Air Panas Brumbung ini berlokasi di Tepanas, Kranji, Kecamatan Paciran, Lamongan.

7. Waduk Gondang

Waduk Gondang yang berlokasi di Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan ini memiliki pesona alam yang indah dari telaga yang mempesona. Tak jauh dari lokasi juga terdapat makam Dewi Sekardadu yang merupakan ibu dari Jaka Samudra atau Sunan Giri.

8. Monumen Van Der Wijck

Sumber: wikipedia

Monumen ini dibangun pada saat pemerintahan Hindia Belanda di halaman Kantor Pelabuhan Brondong, Kabupaten Lamongan. Jika ingin berwisata di bangunan sejarah, mungkin ini menjadi salah satu pilihannya.

9. Tugu Mayangkara

Selain Monumen Van Der Wijck, Lamongan juga memiliki wisata sejarah Tugu Mayangkara. Tugu yang terletak di Jalan Raya Mantup No.59, Mantup, Kabupaten Lamongan ini dulu dibangun oleh masyarakat Mantup untuk menjaga kedaulatan agar tidak jatuh ke tangan penjajah belanda. Sebab daerah ini dulunya ingin direbut oleh Belanda.

Baca Juga:   Wisata alam Bukit Kerek Indah Ngawi suguhkan pemandangan indah, ini 5 fotonya

10. Kolam Renang Wesi Kendil

Kolam renang yang terletak di Jalan Dandles, Paciran, Banyu Tengah, Lamongan, bukan hanya sekedar kolam renang.

Namun di sini juga memiliki panorama keindahan alam yang luar biasa. Wisatawan selain menikmati keasikan renang juga dapat menikmati keindahan alam sekitar.

11. Istana Gunung Mas 27

Sumber: @istana_gunungmas27

Tempat wisata ini dulunya merupakan bekas tambang batu kapur. Di wisata ini, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan yang eksotis.

Di Wisata Istana Gunung Mas 27 juga ada bangunan dengan gaya arsitektur mirip di Cina. Wisata Istana Gunung Mas ini bertempat di Jalan Raya Mantup, Bulu, Tugu, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan.

12. Museum Sunan Drajat

Sumber: kemuseum.org/

Museum ini terletak di Drajat, Kecamatan Paciran, Lamongan. Di sini banyak sekali peninggalan dari Sunan Drajat lhoo, seperti Gamelan Singo Mangkok, Batik Drajat, serta Daun Lontar berhuruf Jawa berisi Surat Yusuf.

13. Maharani Zoo

Sumber: youtube

Maharani Zoo memiliki koleksi hewan yang menarik, cocok untuk tempat berwisata dengan keluarga. Di Maharani Zoo juga terdapat Goa Maharani yang membuat liburan anda lebih anti mainstream. Wisata ini terletak di Jalan Raya Paciran, Paciran, Lamongan.

14. Alun-Alun Lamongan

Di Alun-Alun Lamongan yang bertempat di Jalan Lamongrejo, Tumenggungan, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan ini terdapat pesawat patroli udara yang cocok untuk menjadi backgorund foto. Pesawat ini sengaja dijadikan monumen di Alun-Alun Lamongan sebab sudah tidak beroperasi.

Baca Juga:   Wisata Kahyangan Api Bojonegoro, legenda pembuatan keris era Majapahit

15. Pantai Kutang

Pantai Kutang memiliki panorama pantai yang sangat mempesona. Tak hanya pemandangannya saja yang memikat para wisatawan, namun di sini juga terdapat jembatan kayu yang cukup panjang sehingga biasa digunakan wisatawan untuk berfoto ria. Pantai Kutang ini terletak di Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.

16. Tlogo Sadang

Sumber: amongantourism.com

Wisata ini menjadi tempat wisata baru yang hits di Lamongan. Dengan tebing-tebing yang mengelilingi telaga, menambah pesona Tlogo Sadang ini. Dulunya Tlogo Sadang merupakan bekas galian tambang. Wisata ini berlokasi di Desa Bluri, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan.

17. Pantai Putri Klayar

Pantai ini menyuguhkan pesona alam yang luar biasa. Banyak sekali spot dan wahana yang tersedia di Pantai Putri Klayar ini. Wisata ini terletak di Klayar, Sidokelar, Kecamatan Paciran, Lamongan.

18. Wisata Pohon Trinil

Sumber: lamongantourism.com

Di wisata ini, wisatawan akan disuguhkan keindahan alam dengan keasriannya. Cocok bagi wisatawan yang ingin bersantai dan menghirup udara segar dari pepohonan yang rindang.

Di sini terdapat akar langit pohon trinil yang memberikan kesan yang unik dan menarik. Wisata Pohon Trinil ini berlokasi di Lembor, Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.