Scroll untuk baca artikel
Kabar

3 Sentra kerajinan kayu jati di Bojonegoro, ukir Sukorejo jadi primadona

478
×

3 Sentra kerajinan kayu jati di Bojonegoro, ukir Sukorejo jadi primadona

Sebarkan artikel ini

Kualitas jati Bojonegoro nomor wahid

Sumber: kimrumahjati.blogspot.com/

Bojonegoro suatu kabupaten dengan beragam kekayaan alam serta minyak alam yang melimpah. ta ayal beragam olahan produk maupun kerajinan yang mampu diciptakan oleh tangan-tangan kreatif.

Dengan Sebagian besar wilayah yang masih berupa hutan kayu jati, Bojonegoro terkenal akan kualitas kayu jati yang unggulan. berikut beberapa Sentra kerajinan kayu jati yang ada di Bojonegoro.

1. Sentra Meubel dan Ukir Sukorejo

Sumber: https: perajinmebelbojonegoro.blogspot.com/

Suatu desa yang berada di tengah kota Bojonegoro, Sukorejo merupakan sebuah desa dengan mayoritas masyarakat adalah pengerajin home industry meubel dan furniture. Juga terkenal dengan ukir jati.

Berbahan kayu jati asli yang didapat di TPK (Tempat Penimbunan Kayu) menciptakan meubel dan perabotan lainnya dengan kualitas yang super.

Baca Juga:   Pesona wisata Atas Angin di Deling, melihat hamparan alam dari atas

Dinobatkan menjadi desa wisata di Bojonegoro, tak lengkap rasanya bila berrkunjung di Bojonegoro melewatkan tempat yang satu ini. Dengan beragam bentuk dan ukiran yang keren harga ang ditawarkan mulai ratusan ribu rupiah hingga ratusan juta, tergantung besar kecil dan kerumitan.

2. Sentra Souvenir Kayu Jati Batokan

Sumber: kimrumahjati.blogspot.com/

Berkembang dengan cepat, tempat ini berlokasi di Desa Batokan, Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro.

Berbagai macam ragam souvenir dibuat dan dipamerkan di sebuah galeri di dsa ini, berbahan utama dari pohon jati yang di adikan souvenir dengan nilai jual yang menarik. Mulai dari tempat tisu dengan harga Rp 40.000/buah hingga kerajinan unik yang berharga jutaan rupiah.

Baca Juga:   Pesona Waduk Pacal, waduk tertua di Bojonegoro dibangun Belanda tahun 1924

Galeri ini selalu ramai menjelang puasa dan lebaran, ditambah akses yang semakin mudah dengann dibangunnya jembatan penhubung Padangan-Kasiman.

3 Kerajinan Bonggol Jati

Sumber: matohartgallery.blogspot.com/

Berlokasi di sepanjang jalan Bojonegoro-Ngawi tepatnya di Desa Geneng, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro, nampak akar-akar (bonggol) jati seepanjang mata memandang.

Di tangan para seniman krreatif bonggol jati yang umumnya tidak terpakai disulap menjadi suatu kerajinan dengan nilai jual yang menarik.

Berbahan akar kayu jati Bojonegoro yang memiliki kualiitas baik, pengerajin bisa membuat produk berupa tempat air minum mulai dari Rp.150.000 singga 1 set meja dan kursi bisa sekitar 1 hingga 3 juta rupiah