Cara Merawat Ban Kendaraan Agar Awet dan Kondisi Baik

Nyaman dan selamat

oleh

Ban menjadi komponen penting dari kendaraan. Posisi ban yang selalu menopang kendaraan menjadikannya harus selalu dalam kondisi prima.

Ban sendiri merupakan peranti yang menutupi velg. Ban berfungsi mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan. Selain itu juga melindungi roda dari aus dan kerusakan. Ban juga memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan.

Nah, bagaimana cara merawat ban agar selalu awet dan tetap berkualitas?

1. Cek tekanan angin ban

Penggunaan kendaran harian bisa mempengaruhi kondisi angin ban. Oleh karena itu, memeriksa tekanan ban juga penting dilakukan. Apalagi jika membawa kendaraan dengan kecepatan tinggi. Pengisian angin ban secara berkala setidaknya 2 minggu sekali.

Baca Juga:   4 Tips Memilih Baby Car Seat agar Aman Sepanjang Perjalanan

2. Melakukan Rotasi Ban

Cara merawat ban agar awet bisa juga dengan melakukan rotasi ban. Anda dapat melakukan rotasi ban setiap maksimal 10.000 km sekali. Ban depan mobil dengan ban belakang, sementara ban belakang diganti dengan ban baru.

3. Rutin Mengecek Kondisi Ban

Rutin mengecek ban penting. Apalagi kendaraan sering dipakai. Kebiasaan ini perlu dilakukan agar Anda bisa antisipasi jika harus melakukan perjalanan baik dekat maupun jauh.

4. Cek ukuran ban

Mengecek ukuran ban adalah hal penting. Jangan sampai ban tak sesuai dengan kendarannya. Ukuran dan karakter ban untuk jenis mobil berbeda-beda.

5. Cek beban kendaraan

Nah, muatan barang juga perlu diperhatikan. Karena ini berkaitan dengan ban. Pastikan barang yang dibawa tidak berlebihan, karena semakin berat bawaan maka semakin besar beban yang ditanggung mobil.

Baca Juga:   5 Hal Penting yang Tak Boleh Diabaikan Pemilik Kendaraan

6. Hindari Jalan Rusak

Cara merawat ban mobil lain adalah perhatikan jalan yang dilalui. Jika jalan rusak dan dilalui terus menerus, maka akan berpengaruh pada kondisi ban.