oleh

Pemain Iran Tolak Bernyanyi Lagu Kebangsaan Sebelum Laga, Ada Apa?

Bentuk solidaritas

Timnas Iran harus menerima kekalahan pada laga perdananya di ajang Piala Dunia 2022 di Qatar. Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Khalifa, Al Rayyan berakhir dengan skor 2-6 untuk kemenangan Inggris.

Inggris sukses mencerak enam gol lewat aksi dari Jude Bellingham (35′), Bukayo Saka (43′, 62′), Raheem Sterling (45+1′), Marcus Rashford (71′), dan Jack Grealish (90′). Sedangkan Iran hanya mampu mencetak dua gol lewat Mehdi Taremi (65′, 90+13 (P)). Dengan hasil tersebut membuat Iran harus rela berada di dasar klasemen Grup B.

Dalam pertandingan tersebut ada aksi yang sukses mencuri perhatian. Sebab jika pemain-pemain dari negara lain bersemangat menyanyikan lagu kebangsaannya, berbeda dari skuad Iran. Para pemain Iran tampak diam dan menolah menyanyikan lagu kebangsaan.

Baca Juga :   Keran Gol Sudah Macet, Karier Ronaldo Diperkirakan Habis

Ternyata ada alasan yang kuat dari keputusan yang diambil oleh pemain-pemain Iran. Mereka diam tak bernyanyi lagu kebangsaan karena sebagai bentuk dukungan kepada pada demonstran di Iran. Seperti diketahui, telah dua bulan lamanya di Iran terjadi demonstran besar-besaran karena akibat meninggalnya seorang wanita muda saat di tahan polisi.

Pada laga FIFA Matchday september lalu, skuad Iran juga melakukan aksi serupa. Para pemain Iran menutupi logo timnasnya sebagai dukungan terhadap protes yang berada di Iran.