oleh

Timnas Spanyol, Raja Passing yang Takluk dengan Maroko

Pulang lebih cepat

Spanyol secara mengejutkan harus tersingkir dari Piala Dunia 2022 lebih cepat setelah tumbang dari Maroko dalam babak 16 besar.

Pertandingan yang digelar di Education City Stadium pada Selasa 6 Desember 2022 berjalan cukup alot. Hingga babak kedua usai, kedua tim sama kuat dengan skor 0-0 hingga memaksa ke injury time dan adu penalti.

Maroko keluar sebagai pemenang dengan skor 3-0 dari Spanyol pada babak adu penalti. Penendang penalti dari Maroko, Abdelhamid Sabiri, Hakim Ziyech, dan Achraf Hakimi sukses mengeksekusi, hanya ada satu pemain yang Maroko yang gagal mencetak gol yakni Badr Benoun.

Sedangkan, pemain Spanyol ada tiga yang gagal yakni Pablo Sarabia, Carlos Soler, dan Sergio Busquets. Dengan kegagalan mengeksekusi penalti tersebut turut mengantarkan Spanyol pulang lebih cepat.

Sebenarnya Spanyol dapat menguasai pertandingan dengan baik dengan menorehkan operan hingga 1019 dengan akurasi operan 90% berbanding dengan Maroko yang hanya mampu menciptakan 305 operan dengan akurasi 70%.

Penguasaan bola Spanyol juga lebih banyak dari Maroko dengan 77% berbanding 23%. Namun Shot on Target Spanyol kalah dari Maroko. Spanyol sukses melesatkan 13 tembakan dan hanya 1 mengarah ke gawang, sedangkan Maroko yang hanya melakukan 6 tembakan sukses 2 kali mengarah ke gawang.

Namun meski menguasai jalannya pertandingan, Spanyol nyatanya harus rela tumbang di tangan Maroko. Bola seakan-akan berputar di kaki pemain Spanyol dengan jeleknya penyelesaian akhir.